Pengembangan Buku Saku Psychological First Aid (PFA) Bagi Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam

Nuryanah, Nuryanah (2024) Pengembangan Buku Saku Psychological First Aid (PFA) Bagi Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_19152018_COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
S_BKI_19152018_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (445kB)
[img] Teks
S_BKI_19152018_BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Teks
S_BKI_19152018_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (536kB)
[img] Teks
S_BKI_19152018_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (398kB)
[img] Teks
S_BKI_19152018_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_19152018_BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_BKI_19152018_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstrak

Buku saku merupakan media pembelajaran visual berbentuk cetak yang termasuk dalam kategori buku pelajaran, dengan ukuran kecil seperti saku sehingga ringan dan efektif dibawa kemana-mana dan dapat dipelajari kapan pun ketika dibutuhkan. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan buku saku Psychological First Aid (PFA) bagi Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam. Psychological First Aid (PFA) adalah cara untuk memberikan dukungan emosional kepada mahasiswa segera setelah terjadinya krisis dengan langkah yaitu look, listen dan link. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media bimbingan dan konseling berupa Buku Saku Psychological First Aid (PFA) bagi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam dan (2) mengetahui kelayakan Buku Saku PFA bagi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Metode penelitian yang digunakan adalah model Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono menjadi penelitian dan pengembangan level 1, yang terdiri dari lima tahap yaitu potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk dan produk teruji. Pada tahap validasi produk, buku saku Psychological First Aid (PFA) bagi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Pada penelitian dan pengembangan ini data dikumpulkan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini memperoleh hasil validasi ahli materi ke-1 dengan skor rata-rata 3,87 yang termasuk dalam kategori layak, validasi ahli materi ke-2 diperoleh skor rata-rata 4,37 yang termasuk dalam kategori sangat layak, validasi ahli bahasa diperoleh skor rata-rata 4,6 yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 4,42 yang termasuk kategori sangat layak. Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) secara keseluruhan penilaian buku saku berdasarkan ahli materi, ahli bahasa dan ahli media memperoleh skor 4,2 dengan kategori sangat layak, dan (2) buku saku ini layak digunakan sebagai media Psychological First Aid (PFA). Disarankan kepada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam untuk menggunakan buku saku Psychological First Aid (PFA) dalam praktik konseling sebaya dan menjadi salah satu media bimbingan dan konseling.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan Buku Saku, Psychological First Aid (PFA)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 17 Jul 2024 04:46
Perubahan Terakhir: 17 Jul 2024 04:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14882

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.