Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Di MAN 18 Jakarta Timur.

Fathiah, Rahita Hikmah (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Di MAN 18 Jakarta Timur. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210083_COVER.pdf

Download (111kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210083_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (551kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210083_BAB I.pdf

Download (208kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210083_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (718kB)
[img] Teks
S_PAI_171210083_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (233kB)
[img] Teks
S_PAI_171210083_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (236kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210083_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210083_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deksripsi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 18 Jakarta Timur. Latar belakang penelitian ini adalah di masa pandemi covid-19 pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah, keadaan tersebut menurunkan keefektifan belajar siswa. Namun siswa MAN 18 Jakarta Timur memperoleh nilai yang stabil, yaitu hasil skor penilaian rata-rata di atas skor standar kompetensi terkhusus pada mata pelajaran Fiqih, terutama pada siswa kelas X lulusan sekolah menengah pertama maupun lulusan madrasah tsanawiyah. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Faktor yang mempengeruhi keefektifan belajar siswa, yaitu: faktor internal dan faktor eksternal, dan penelitian ini akan fokus pada faktor eksternal di lingkungan sekolah. Terdapat tujuh pengaruh kegiatan belajar mengajar, meliputi: tujuan pembelajaran, siswa, pendidik, metode mengajar, media mengajar, sarana dan prasarana, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keefektifan belajar siswa kelas X di MAN 18 Jakarta, meliputi: 1) Guru yang profesional, disiplin dalam mengajar, kreatif dan inovatif; 2) Motivasi belajar siswa yang yang tinggi dan disiplin; 3) Sarana dan prasarana yang menunjang; 4) Kondisi lingkungan sekolah yang bersih. Jadi dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor tersebutlah yang mempengaruhi keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X di MAN 18 Jakarta Timur.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Faktor-Faktor Keefektifan, Keefektifan Belajar, Fiqih.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 12 Jul 2024 04:31
Perubahan Terakhir: 18 Jul 2024 08:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14866

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.