Fathiah, Rahita Hikmah (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Di MAN 18 Jakarta Timur. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210083_COVER.pdf Download (111kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210083_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (551kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210083_BAB I.pdf Download (208kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210083_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (718kB) |
||
Teks
S_PAI_171210083_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (233kB) |
||
Teks
S_PAI_171210083_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (236kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210083_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210083_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deksripsi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 18 Jakarta Timur. Latar belakang penelitian ini adalah di masa pandemi covid-19 pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah, keadaan tersebut menurunkan keefektifan belajar siswa. Namun siswa MAN 18 Jakarta Timur memperoleh nilai yang stabil, yaitu hasil skor penilaian rata-rata di atas skor standar kompetensi terkhusus pada mata pelajaran Fiqih, terutama pada siswa kelas X lulusan sekolah menengah pertama maupun lulusan madrasah tsanawiyah. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Faktor yang mempengeruhi keefektifan belajar siswa, yaitu: faktor internal dan faktor eksternal, dan penelitian ini akan fokus pada faktor eksternal di lingkungan sekolah. Terdapat tujuh pengaruh kegiatan belajar mengajar, meliputi: tujuan pembelajaran, siswa, pendidik, metode mengajar, media mengajar, sarana dan prasarana, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keefektifan belajar siswa kelas X di MAN 18 Jakarta, meliputi: 1) Guru yang profesional, disiplin dalam mengajar, kreatif dan inovatif; 2) Motivasi belajar siswa yang yang tinggi dan disiplin; 3) Sarana dan prasarana yang menunjang; 4) Kondisi lingkungan sekolah yang bersih. Jadi dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor tersebutlah yang mempengaruhi keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X di MAN 18 Jakarta Timur.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Faktor-Faktor Keefektifan, Keefektifan Belajar, Fiqih. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 12 Jul 2024 04:31 |
Perubahan Terakhir: | 18 Jul 2024 08:39 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14866 |
Actions (login required)
Lihat Item |