Nurfiyanti, Nurfiyanti (2024) Analisis Problematika Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV di MI Al-Jauhrotunnaqiah Priuk Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240015_COVER.pdf Download (55kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240015_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (569kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240015_BAB I.pdf Download (131kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_161240015_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (187kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240015_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (135kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240015_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (270kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_161240015_BAB V.pdf Download (70kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240015_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah bahan dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan cacah di MI Al- Jauharotunnaqiah Priuk Cilegon masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar. Masalah penelitian ini adalah: (1). Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam operasi hitung pembagian bilangan bulat pada kelas IV?, (2). Bagaimana solusi untuk mengurangi kesulitan belajar operasi hitung pembagian bilangan bulat pada siswa kelas IV?.Tujuan penelitian ini adalah: (1). Mengidentifikasi kesulitan belajar operasi hitung pembagian yang dialami siswa kelas IV, (2). Mengetahui solusi untuk mengurangi kesulitan belajar operasi hitung pembagian pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan table analisis kesulitan belajar. Populasi internal diantaranya populasi dalam penelitian adalah siswa sebanyak 30 orang, dengan sample sebanyak 10 orang.Berdasarkan hasil penelitian, Ditemukan sebagian besar siswa mengalami kesulitan belajar matematika materi operasi hitung pembagian bilangan bulat. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar pada siswa meliputi: (1) Faktor psikologi siswa dalam pembelajaran matematika materi pembagian bilangan bulat masih negatif(2) Kosentrasi dalam pembelajaran matematika masih kurang (3) Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru monoton. Adapun faktor ekstrenal yaitu kurangnya bimbingan belajar matematika di luar sekolah dan dukungan keluarga.(2). Solusi kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika untuk materi operasi hitung pembagian bilangan bulat diantaranya yaitu:(1) perlunya menyiapkan mental anak untuk belajar matematika (2)menerapkan pembelajaran mulai yang konkret ke yang abstrak (3)menggunakan media pembelajaran yang tidak monoton (4)memberi kesempatan pada anak untuk berlatih dan mengulang
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | kesulitan belajar, operasi hitung pembagian bilangan bulat, matematika |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 09 Jul 2024 03:50 |
Perubahan Terakhir: | 09 Jul 2024 03:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14834 |
Actions (login required)
Lihat Item |