Konseling Islam Menggunakan Terapi Islam untuk Mengatasi Kecemasan Santriwati dalam Menghadapi Ujian Kitab Amtsilati di Pondok Pesantren Al-Mustajib Madarijul Ulum

Milah, Milah (2024) Konseling Islam Menggunakan Terapi Islam untuk Mengatasi Kecemasan Santriwati dalam Menghadapi Ujian Kitab Amtsilati di Pondok Pesantren Al-Mustajib Madarijul Ulum. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_201520109_Cover.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_BKI_201520109_Lampiran Depan.pdf

Download (852kB)
[img] Teks
S_BKI_201520109_BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Teks
S_BKI_201520109_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (500kB)
[img] Teks
S_BKI_201520109_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (245kB)
[img] Teks
S_BKI_201520109_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (287kB)
[img] Teks
S_BKI_201520109_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_BKI_201520109_Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstrak

Kecemasan merupakan perasaan tidak aman atau gelisah yang dirasakan individu terhadap terhadap sesuatu. Seperti yang dirasakan oleh santriwati yang merasa cemas dalam menghadapi ujian kitab amtsilati. Mereka harus bersungguh-sungguh mempersipakan ujian dan dituntut untuk lulus, selain itu mereka harus tetap mengikuti kegiatan pondok pesantren, perkuliahan dan kegiatan berorganisasi. Berdasarkan latar belakang, Maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kondisi santriwati yang mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian kitab amtsilati? 2) Bagaimana tindakan konseling Islam diterapkan menggunakan terapi murottal untuk mengatasi kecemasan santriwati dalam menghadapi ujian kitab amstilati? 3) Bagaimana hasil penerapan konseling Islam menggunakan terapi murottal untuk mengatasi kecemasan santriwati dalam menghadapi ujian kitab amsilati?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kondisi santriwati yang mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian kitab amtsilati, 2) Untuk menjelaskan penerapan konseling Islam menggunakan terapi murottal pada santriwati yang mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian kitab amtsilati, 3) Untuk mengetahui hasil penerapan konseling Islam menggunakan terapi murottal pada santriwati yang mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian kitab amtsilati. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tindakan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan obervasi, wawancara dan dokumentasi. Responden yang diteliti yaitu lima responden. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pertama, kondisi santriwati yang mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian kitab amstilati terdiri dari gejala fisik dan psikis. Kedua, peneliti menggunakan tindakan konseling Islam dengan terapi murotal. Terdapat tiga tahapan dalam konseling Islam yaitu tahap awal, tahap konseling, dan tahap akhir. Adapun pemberian terapi murottal pada responden yang mengalami kecemasan yaitu berdurasi 10-15 menit. Ketiga, hasil tindakan konseling Islam menggunakan terapi murottal terhadap kelima responden yaitu, mereka merasa lega telah mengungkapkan kecemasan yang dirasakan, sehingga gejala kecemasan dapat teratasi dan mereka lulus ujian kitab amtsilati dengan nilai diatas rata-rata standar kelulusan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Islam, Terapi Murottal, Kecemasan
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Jul 2024 03:07
Perubahan Terakhir: 02 Jul 2024 03:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14819

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.