Pengaruh Penggunaan Media Pakapin (Papan Kantong Pintar) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Kelas V (Kuasi Eksperimen di Kelas V MI Hidayatussibyan 01)

Adawiyah, Siti Robi'atul (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pakapin (Papan Kantong Pintar) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Kelas V (Kuasi Eksperimen di Kelas V MI Hidayatussibyan 01). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240008_COVER.pdf

Download (80kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240008_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240008_BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240008_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (426kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240008_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (442kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240008_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (614kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240008_BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240008_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstrak

Saat ini yang menjadi permasalahan paling mencolok adalah tingkat kemampuan berpikir kritis yang rendah serta hasil belajar yang masi di bawah KKM, salah satunya pada pembelajaran PPKn hal ini tentunya di sebabkan oleh beberapa faktor salah satunya keberadaan media yang masi sangat terbatas, serta guru pun masi kesulitan untuk menentukan media yang sesuai dengan karakteristik siswa itu seperti apa sehingga dengan adanya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah ini berpengaruh terhadap terhadap berbagai aspek mulai dari afektif, kognitif, dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) pada pembelajaran PPKn kelas V di MI Hidayatussibyan 1, dan mengetahui tingkat pengaruh penggunaan media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn kelas V di MI Hidayatussibyan 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu (Quasi Eksperimental) yang pengukuran dan pengujiannya menggunakan beberapa instrumen. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kels V semester genap MI Hidayatussibyan 01. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitianini yaitu tes, observasi dan dokumentasi untuk melegkapi data penelitian. Hasil menunjukan bahwa media PAKAPIN ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran dilihat berdasarkan hasil observasi guru yang menunjukan pesentase 98,5 % dengan klasifikasi sangat baik, dan juga hasil menunjukan adanya pengaruh media PAKAPIN terhadap kemampuan berpikir kritis siswa nilai rata rata pretest 52,30 setelah mendapatkan perlakuan pada tahap posttest rata rata ang di dapat sebesar 72,60. Selain itu berdasarkan uji hipotesis posttest dengan menggunakan uji- t pada taraf signifikansi alpha 0,05 diperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,001 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berpikr kritis siswa dengan menggunakan media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) lebih baik secara iii signifikan dibandingkan dengan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakanmedia gambar di dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar), PPKn di MI/SD.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 01 Jul 2024 08:31
Perubahan Terakhir: 02 Jul 2024 07:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.