Hawari, Muhammad Haekal (2024) Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah bagi Tuna Netra Melalui Metode Al-Qur'an Braille Penelitian di Sekolah Kebutuhan Khusus (SKH) 01 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210075_Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210075_Cover.pdf Download (181kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210075_Lampiran Depan.pdf Download (413kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210075_BAB I.pdf Download (265kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210075_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (532kB) |
||
Teks
S_PAI_191210075_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (221kB) |
||
Teks
S_PAI_191210075_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (436kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210075_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210075_Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Skripsi ini membahas tentang pembelajaran al-Qur'an Braille pada peserta didik tunanetra di Sekolah Kebutuhan Khusus Negeri 01 Kota Serang tahun pelajaran 2023/2024. Lembaga pendidikan tersebut dijadikan sebagai sumber untuk peneliti mendapatkan informasi mengenai pemelajaran al-Qur'an Braille pada anak tunanetra. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode demonstrasi . Penelitian ini menunjukkan bahwa :(1) Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Kebutuhan Khusus Negeri 01 Kota Serang menggunakan modul Al-Qur’an braille. Sebelum ke Al-Qur’an diajarkan iqra’ braille terlebih dahulu. Anak-anak belajar setiap hari pukul 09.00 - 10.00 untuk pembelajaran membaca Al-Qur’an Braille. (2) Problematika yang dialami yaitu tidak terdapat RPP dan silabus, hanya memiliki kurikulum yang dibuat oleh guru Al-Qur’an braille itu sendiri, waktu yang kurang untuk melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an Braille, minimnya sarana prasarana, keterbatasan fisik pada si peserta didik, motivasi belajar yang tidak stabil, perbedaan daya tangkap peserta didik dalam menerima pembelajaran Al-Qur’an Braille, kurangnya bimbingan dari orang tua. (3) Solusi yang dilakukan yaitu menjalankan kurikulum yang telah dibuat dengan efektif, guru mencari waktu yang tepat untuk melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an Braille, memanfaatkan sarana prasana yang tersedia dengan maksimal, memberikan pembelajaran yang efektif, menerapkan metode, model yang sesuai dengan kemampuan peserta didik, dan memanfaatkan media pembelajaran, guru mengajarkan secara individual sesuai kemampuan peserta didik supaya mendapat hasil yang maksimal, ketika di rumah orang tua bisa membimbing anaknya, bisa mengarahkan dan mengevaluasi langsung terhadap kemampuan anaknya. Dari hasil penelitian ini diharapkan pembelajaran al-Qur'an Braille bagi tunanetra di Sekolah Kebutuhan Khusus Negeri 01 Kota Serang lebih meningkatkan pembelajarannya, meningkatkan bimbingan membaca al-Qur'an Braille dengan menambah jam belajar, lebih memanfaatkan media yang sudah tersedia dan menambah sarana prasana.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kemampuan mengenal huruf hijaiyah Al-Qur’an Braille, Tunanetra |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Jun 2024 04:08 |
Perubahan Terakhir: | 29 Jun 2024 04:08 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14804 |
Actions (login required)
Lihat Item |