Pengaruh Penerapan Metode Imla’ Terhadap Kemampuan Menulis Al-Qur'an Pada Mata Pelajaran BTQ (Studi di Kelas VII MTs Al-Khairiyah Pabuaran Pengampelan Kec.Walantaka Kota Serang)

Misnan, Misnan (2024) Pengaruh Penerapan Metode Imla’ Terhadap Kemampuan Menulis Al-Qur'an Pada Mata Pelajaran BTQ (Studi di Kelas VII MTs Al-Khairiyah Pabuaran Pengampelan Kec.Walantaka Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210015_Cover.pdf

Download (262kB)
[img] Teks
S_PAI_191210015_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_191210015_BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Teks
S_PAI_191210015_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_191210015_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (828kB)
[img] Teks
S_PAI_191210015_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (831kB)
[img] Teks
S_PAI_191210015_BAB V.pdf

Download (445kB)
[img] Teks
S_PAI_191210015_Daftar Pustaka.pdf

Download (412kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode imla’ dan melihat kemampuan menulis Al-Qur'an pada mata pelajaran BTQ serta mengetahui seberapa pengaruh penerapan metode imla’ terhadap kemampuan menulis Al-Qur'an pada mata pelajaran BTQ di Kelas VII MTs Al-Khairiyah Pabuaran Pengampelan Kec.Walantaka Kota Serang. Penelitian ini dilatar belakangi karena pada hasil observasi ditemukan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis Al-Qur’an dengan didasari salah satunya menggunakan metode yang kurang efektif. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional, untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, tes dan dokumentasi dengan menggunakan sampel 78 siswa. Adapun hasil pengujian yang telah didapatkan bahwa Pertama, penerapan metode imla’ di Kelas VII MTs Al-Khairiyah Pabuaran Pengampelan Kec.Walantaka Kota Serang mendapatkan hasil nilai rata-rata 78,68% nilai tersebut berada pada interval 61- 80 dengan kategori Baik. Kedua, kemampuan menulis Al-Qur’an di kelas VII MTs Al-Khairiyah Pabuaran Pengampelan Kec.Walantaka Kota Serang memperoleh nilai rata-rata 82,56% nilai tersebut berada pada interval 81-100 dengan kategori Sangat Baik. Ketiga, bahwa pengaruh penerapan metode imla’ terhadap kemampuan menulis Al-Qur'an pada mata pelajaran BTQ dengan hasil yang didapatkan dalam uji Pearson Product Moment dalam pengujian hipotesis melalui nilai Sig. adalah 0,000 angka tersebut berada dalam kategori yang sempurna. Dapat disimpulkan yakni bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan antara variabel X terhadap variabel Y 0.026>0,05 dengan alasan telah memenuhi syarat dari pada nilai probabilitas 0,05 maka Ha diterima H0 ditolak kemudian besaran pengaruh variabel pada uji t parsial dengan pengujian coefisien determinasi (R Square) yaitu 91,1% dan untuk uji Pearson Product Moment Correlations tersebut menunjukan angka Sig.(2-tailed) terdapat 0,000 yang artinya memiliki hubungan antara variabel X terhadap Variabel Y.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kemampuan Menulis Al-Qur’an, Penerapan Metode Imla’
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Jun 2024 03:32
Perubahan Terakhir: 29 Jun 2024 03:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14800

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.