Analisis Strategi Handling Complaint Peserta Asuransi dalam Pemasaran Produk Unit Link (Studi Kasus Financial Advisor PT. AXA Mandiri Cabang BSI KCP Labuan)

Eryana, Elsa (2024) Analisis Strategi Handling Complaint Peserta Asuransi dalam Pemasaran Produk Unit Link (Studi Kasus Financial Advisor PT. AXA Mandiri Cabang BSI KCP Labuan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_201430075_Cover.pdf

Download (179kB)
[img] Teks
S_AS_201430075_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_AS_201430075_Bab I.pdf

Download (556kB)
[img] Teks
S_AS_201430075_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (598kB)
[img] Teks
S_AS_201430075_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (294kB)
[img] Teks
S_AS_201430075_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (592kB)
[img] Teks
S_AS_201430075_Bab V.pdf

Download (282kB)
[img] Teks
S_AS_201430075_Daftar Pustaka.pdf

Download (387kB)

Abstrak

Produk unit link merupakan produk yang kompleks karena diantaranya memiliki fitur proteksi dan investasi. Mengingat tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia yang masih rendah maka dari itu penyampaian penjelasan produk unit link memerlukan upaya yang tepat serta memperhatikan tingkat pemahaman atau pengetahuan dari masing-masing konsumen. Penjualan produk unit link mengandung resiko jika produk tersebut ditawarkan untuk dijual secara asal oleh financial advisor, hal inilah yang akan menimbulkan komplain pada peserta. Pengawasan produk unit link harus terus di perkuat mulai dari alur proses pemasarannya. Adapun perumusan masalah peda penelitian ini yaitu apa saja faktor penyebab terjadinya komplain peserta pada pemasaran produk unit link dan bagaimana strategi handling komplain peserta dalam pemasaran produk unit link oleh financial advisor di PT AXA mandiri cabang BSI KCP labuan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja faktor penyebab terjadinya komplain peserta pada pemasaran produk unit link dan untuk mengetahui bagaimana strategi handling complait peserta dalam pemasaran produk unit link oleh financial advisor PT. AXA Mandiri Cabang BSI KCP labuan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dikembangkan menggunaan metode deskriptif. Data yang diginakan merupakan data primer dan data skunder. Data primer didapat dari hasil wawancara dan observasi. Data skunder didapat dari buku-buku, jurnal, penelitian terdahulu yang relevan dan sumber lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, faktor penyebab terjadinya komplain peserta unit link lebih ke faktor eksternal seperti pada komunikasi yang terjalin antara FA dan nasabah yaitu mis-seling produk oleh FA (memberikan penjelasan yang kurang detail), mis-buying oleh nasabah (salah pembelian produk asuransi jiwa) sehingga nasabah bingung akan premi yang terbilang mahal dan mis-komunikasi antara FA dan nasabah yang mengakibatkan kesalahfahaman dan strategi handling complaint peserta oleh FA diantaranya menyediakan informasi yang jelas, menyediakan layanan yang mudah diakses, penanganan komplain melalui proses yang terstruktur, dan memprioritaskan kepuasan peserta.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Handling Complaint, Produk Asuransi Jiwa Unit Link, Financial Advisor PT. AXA Mandiri Cabang BSI KCP Labuan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 28 Jun 2024 03:06
Perubahan Terakhir: 28 Jun 2024 03:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14783

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.