Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Quizizz Paper Mode Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SDN 21 Serang dan SDN Sumberagung Kota Serang)

Maslihah, Maslihah (2024) Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Quizizz Paper Mode Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SDN 21 Serang dan SDN Sumberagung Kota Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_212621030_Cover.pdf

Download (27kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_212621030_Lampiran Depan.pdf

Download (875kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_212621030_BAB I.pdf

Download (350kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_212621030_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
T_PAI_212621030_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (652kB)
[img] Teks
T_PAI_212621030_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_212621030_BAB V.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_212621030_Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil survey di lapangan Khususnya SDN 21 Serang dan SDN Sumberagung, pada mata pelajaran PAI, ditemukanya evaluasi pembelajaran yang monoton dan berdampak pada kejenuhan dalam peroses evaluasi pembelajaran, sehingga kegaduhan dan saling mencontek sering dilakukan oleh peserta didik, tingkat keefektifan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran pun kurang maksimal maka dari itu peran pendidik sangatlah penting dalam memilih alat evaluasi yang efektif yang menunjang proses evaluasi pembelajaran. Dengan rumusan bagaimana kelayakan alat evaluasi Quizizz Paper Mode pada pelajaran PAI. Selanjutnya perlu diketahui bagaimana tingkat ketertarikan, respon serta efektivitas peserta didik terhadap alat evaluasi Quizizz Paper Mode.Tujuan penelitian dalam pengembangan alat evaluasi Quizizz Paper Mode ini adalah: Menghasilkan kelayakan alat evaluasi dan mengetahui tingkat ketertarikan, respon keefektifan peserta didik serta Guru pada mata pembelajaran PAI Kelas VI SD Negeri 21 Serang dan kelas V SD Negeri Sumberagung Kota Serang. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan( Researc and Development) dengan model ADDIE( Analisis Desain Developemnt Research Implement and Evaluasi). Data yang diolah kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada validator media, materi dan Guru PAI serta peserta didik SDN 21 Serang dan SDN Sumberagung Kota Serang. Jumlah penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas VI SDN Serang 21 berjumlah 30 Peserta didik dan kelas V SDN sumberagung berjumlah 25 Peserta didik. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran yang diberikan oleh validator dan pengguna. Hasil penelitian pengembangan alat evaluasi berdasarkan uji kevalidan ahli materi dan alat evaluasi memperoleh 94 % dengan kategori sangat valid, kemudian dari ahli Media/Alat 91% kategori valid. Sedangkan tingkat keperaktisan atau kemudahan diperoleh dari Guru PAI kelas V dan VI 93% Kategori sangat peraktis. Terakhir angket siswa ketertarikan memperoleh 93% dengan kategori lebih efektif dalam meningkatkan evaluasi belajar Pada materi Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan Alat Evaluasi Quizizz Paper Mode
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Mei 2024 08:46
Perubahan Terakhir: 02 Mei 2024 08:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14550

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.