Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik Melalui Program Jum’at Berbagi di SMPN 2 Cilegon

Aulia, Wardah (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik Melalui Program Jum’at Berbagi di SMPN 2 Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210186_Cover.pdf

Download (84kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210186_Lampiran Depan.pdf

Download (421kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210186_BAB I.pdf

Download (322kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210186_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (461kB)
[img] Teks
S_PAI_191210186_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (283kB)
[img] Teks
S_PAI_191210186_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (543kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210186_BAB V.pdf

Download (146kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210186_Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mengenai peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap kepedulian sosial peserta didik melalui Program Jum’at Berbagi. Latar belakang penelitian ini adalah rasa kepedulian sosial antar siswa di SMP N 2 Cilegon kurang tertanam di dalam diri mereka. Hal itu ditunjukan dengan munculnya sikap individualisme, seperti kurangnya sapa antar teman dan guru, kurangnya kepedulian untuk saling membantu dan lain sebagainya. Hal itu dikarenakan pengaruh dari perkembangan zaman dan IPTEK yang membawa pengaruh pada dunia pendidikan, salah satunya mempengaruhi pendidikan karakter anak yaitu sikap kepedulian sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu Guru PAI, kepala sekolah, Waka Kesiswaan, dan Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Guru Sebagai Pembimbing, guru PAI memberikan bimbingan serta arahan kepada siswa dalam pelakanaan program jum’at berbagi; 2) Guru Sebagai Contoh Dan Teladan, guru PAI menjadi contoh dan teladan dengan ikut serta secara langsung dalam menyalurkan hasil dari program jum’at berbagi ini; 3) Guru Sebagai Motivator, guru PAI memberikan motivasi dengan metode bercerita mengenai kisah nabi dan sahabat tentang kepedulian sosial serta menjelaskan beberapa dali ayat Al – Qur’an dan hadits nabi tentang pentingnya berbagi terhadap sesama. Adapun faktor penghambat dan pendukung dalam Program Jum’at Berbagi ini ialah faktor penghambat, terdapat dari latar belakang siswa yang kurang mendukung, dan faktor pendukung ialah dukungan dari orang tua, dukungan dari pihak guru lainnya, dan dukungan dari lingkungan masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Guru PAI, Sikap Kepedulian Sosial, Program Jum’at Berbagi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Apr 2024 04:51
Perubahan Terakhir: 05 Apr 2024 04:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14457

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.