Istihawa, Fidenia (2024) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (studi eksperimen di kelas XI SMAN 3 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210177_Cover.pdf Download (100kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210177_Lampiran Depan.pdf Download (526kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210177_BAB I.pdf Download (198kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210177_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (340kB) |
||
Teks
S_PAI_191210177_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (434kB) |
||
Teks
S_PAI_191210177_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (280kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210177_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210177_Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui menganalisis hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebelum dan sesudah menggunakan metode jigsaw, untuk mengetahui hasil belajar dalam meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mengetahui pengaruh peerapan pembelajaran jigsaw terhadap prestasi belajar siswa studi eksperimen di kelas XI SMAN 3 Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah simple random sampling, yaitu sampel dipilih dari populasi secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi. Dan untuk mengukur besaran sampel yang akan diteliti peneliti menggunakan rumus nonekuivalen, maka didapatlah 69 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan menyebarkan tes. Adapun hasil pada penelitian ini tentang pengaruh pendekatan pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap prestasi siswa di kelas XI PAI dan Budi Pekerti hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang telah mendapatkan perlakuan treatment sebelum mendapatkan perlakuan pretest 64,43 sedangkan setelah mendapatkan perlakuan posttest adalah 69,35. Sedangkan peningkatan hasil prestasi siswa PAI dan Budi Pekerti mengalami peningkatkan setelah memberikan treatment didapat nilai hasil siswa mengalami peningkatkan dari nilai awal pretest adalah 65,93 dan hasil nilai akhir posttest adalah 71,80 . Dan berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai Thitung > Ttabel yaitu 10,827>2,030 dengan taraf signifikan 5%, ketentuan rumus uji hipotesis jika Thitung lebih besar Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif jigsaw berpengaruh terhadap prestasi siswa, sedangkan prestasi siswa yang menggunakan konvensional tidak berpengaruh terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti di kelas XI SMAN 3 Pandeglang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Kooperatif Jigsaw, Hasil Prestasi Siswa, PAI |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 04 Apr 2024 08:21 |
Perubahan Terakhir: | 04 Apr 2024 08:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14456 |
Actions (login required)
Lihat Item |