Pengaruh Budaya Populer Islami terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Fashion Thrifting Bermerek (Studi Pada Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Ekonomi Syariah).

Permatasar, Diah (2023) Pengaruh Budaya Populer Islami terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Fashion Thrifting Bermerek (Studi Pada Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Ekonomi Syariah). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER DIAH.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (597kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (430kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (840kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (334kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (832kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (170kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA DLL.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Diah Permatasari, NIM: 191410072, Judul Skripsi: Pengaruh Budaya Populer Islami terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Fashion Thrifting Bermerek (Studi Pada Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Ekonomi Syariah). Fashion Muslim merupakan salah satu produk budaya populer islami yang saat ini menjadi tren populer di masyarakat. Munculnya budaya populer islami yang semakin beragam mengikuti perkembangan zaman menjadi salah satu daya tarik tersendiri khususnya umat Islam yang ingin tampil fashionable namun tetap islami. Di samping itu, fenomena thrifting (pembelian pakaian bekas) juga turut mewarnai perkembangan dunia fashion. Maraknya fenomena tersebut dikarenakan sebagian besar produk thrifting yang dijual menawarkan harga yang relatif murah namun dengan kualitas yang masih bagus, bahkan terdapat berbagai macam produk bermerek di dalamnya, sehingga banyak masyarakat khususnya kalangan Gen Z seperti mahasiwa yang tertarik untuk melakukan thrifting. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh budaya populer islami dan produk fashion thrifting bermerek baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian? Bagaimana pandangan mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Ekonomi Syariah terhadap produk fashion thrifting bermerek? Kemudian tujuannya untuk menganalisis seberapa besar pengaruh budaya populer islami dan produk fashion thrifting bermerek baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian, serta bagaimana pandangan mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Ekonomi Syariah terhadap produk fashion thrifting bermerek. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif yang menggunakan sumber data sekunder dan primer berupa penyebaran kuesioner pada Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2019-2021, dengan jumlah sampel sebanyak 84 orang dan dengan metode nonprobability sampling, serta teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya populer islami (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, karena nilai thitung < ttabel yaitu -1,826 < 1,991. Produk Fashion Thrifting Bermerek (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, karena nilai thitung > ttabel yaitu 2,581 > 1,991. Namun terdapat pengaruh secara simultan antara Budaya Populer Islami dan Produk Fashion Thrifting Bermerek terhadap Keputusan Pembelian, yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 9,567 > 3,12. Kemudian, Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jurusan Ekonomi Syariah sangat mengutamakan merek dalam membeli produk fashion thrifting. Karena fashion bermerek dianggap memiliki manfaat yang besar bagi mahasiswa dalam membeli produk thrifting, baik dari segi kualitas, fitur, maupun harga yang lebih terjangkau, sehingga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi mahasiswa ketika menggunakan fashion thrifting yang bermerek terutama untuk menunjang penampilan mereka

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Mochamad Indrajit Roy, M. Pembimbing II: Surahman, M.E.
Kata Kunci (keywords): budaya populer islami, fashion thrifting, keputusan pembelian
Subjek: 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 08 Mar 2024 05:24
Perubahan Terakhir: 08 Mar 2024 05:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.