Fatihat, Siti (2024) Implementasi Program Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMP IT Riyadhusholihin Cimanuk Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210166_Cover.pdf Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210166_Lampiran Depan.pdf Download (503kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210166_BAB I.pdf Download (180kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210166_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (453kB) |
||
Teks
S_PAI_191210166_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (190kB) |
||
Teks
S_PAI_191210166_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (401kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210166_BAB V.pdf Download (152kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210166_Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 13. Dalam penerapan pembelajaran, kurikulum merdeka telah dikembangkan menjadi kurikulum yang lebih variabel namun tetap fokus pada materi-materi mendasar, pengembangan karakter serta kopetensi pada siswa. Seperti pada ulasannya bahwa kurikulum merdeka memiliki tujuan sebagai pemulihan pada krisisnya pembelajaran yang semakin parah akibat pandemi, selain itu juga bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada lembaga maupun guru untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum serta pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, strategi, kelebihan dan keterbatasan dalam implementasi kurikulum merdeka belajat pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan Guru PAI. Hasil dari penelitian ini ditujukkan bahawa :1) Perencanaan Implementasi program kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam ini ada beberaapa tahap. a.) tahap kesiapan Sekolah dan Guru, b.) mengikuti pelatihan dan bimbingan yang di selenggarakan oleh pemerintah atau lembaga lain, c.) menyusun perangkat pembelajaran seperti modul ajar. 2) Pelaksanaan Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pai ini dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir atau penutup. 3) strategi dalam implemetasi kurikulum merdeka belajar ini ada beberapa tahap yaitu : a.) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, b.) menetukan kegiatan belajar mengajar, c.) menetukan alat dan bahan untuk belajar, d.) merencanakan proses evaluasi pembelajaran. 4) kekuatan dan keterbatasan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar ini adalah : a.) kurikulum merdeka ini selaras dengan visi misi SMP IT Riyadhusholihin Cimanuk Pandeglang, b.) terbatasnya jam KBM (kegiatan belajar mengajar), c.) keterbatasan siswa untuk menggunakan hp.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementyasi, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran PAI, Program Kurikulum Merdeka |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 16 Feb 2024 04:15 |
Perubahan Terakhir: | 16 Feb 2024 04:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14116 |
Actions (login required)
Lihat Item |