Pengembangan Media Pop Up untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar dengan Disleksia (R&D di Kelas III SDN Kosambi Dalem Kabupaten Serang)

Sintia, Sintia (2024) Pengembangan Media Pop Up untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar dengan Disleksia (R&D di Kelas III SDN Kosambi Dalem Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240103_Cover.pdf

Download (268kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240103_Lampiran Depan.pdf

Download (550kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240103_Bab I.pdf

Download (220kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240103_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (321kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240103_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (428kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240103_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (795kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240103_Bab V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240103_Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk membuat produk berupa media pembelajaran Pop Up Book Alfabet. Penelitian pengembangan atau (R&D) ini menggunakan 4 model pengembangan yang disingkat menjadi 4D atau Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, observasi, angket dan lembar validasi dari para ahli. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa media Pop Up Book memiliki kategori “Valid” dengan nilai 4,3 karena sudah memenuhi kategori valid yaitu 3,5, hasil reliabilitas dengan menggunakan teknik Inter-Rater-Reliability (IRR) diperoleh nilai dengan presentase 84% artinya nilai reliabilitas dapat dinyatakan “Reliabel” karena sudah memenuhi target reliabilitas yaiu 80%, hasil uji coba produk kepada peserta didik terhadap media Pop Up Book memiliki kategori “Sangat Menarik” dengan presentase sebesar 93% memenuhi target kemenarikan produk yaitu 80%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Pop Up Book untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa Sekolah Dasar dengan disleksia layak untuk digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pop Up Book, Kemampuan Membaca, Disleksia
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2024 03:31
Perubahan Terakhir: 13 Feb 2024 07:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14108

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.