Pengembangan Media Spinning Question Untuk Melatih Keterampilan Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Di Kelas V SD/MI

Ramadina, Puput (2024) Pengembangan Media Spinning Question Untuk Melatih Keterampilan Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Di Kelas V SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240062_Cover.pdf

Download (377kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240062_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240062_BAB I.pdf

Download (176kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240062_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (203kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240062_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (282kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240062_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (429kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240062_BAB V.pdf

Download (36kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240062_Daftar Pustaka.pdf

Download (408kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain dan kelayakan media Spinning Question dalam melatih keterampilan siswa memecahkan soal cerita pada materi operasi hitung pecahan di kelas V MI Roudhotul Ikhwan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research And Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Pengujian validitas meliputi empat aspek yaitu tampilan, konten, penyajian dan manfaat media. Data yang diperoleh 1) validasi ahli media Spinning Question memperoleh nilai 85% masuk dalam kategori “sangat layak”, 2) validasi ahli materi memperoleh nilai 61% masuk dalam kategori “layak”, 3) validasi guru kelas memperoleh nilai 94% masuk dalam kategori “sangat layak”, dan dilakukannya uji coba menggunakan rumus N-gain kepada 19 siswa dalam mengerjakan soal pretest dan posttest, maka hasil yang didapatkan sebesar 0,77 masuk dalam kategori “tinggi”. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Spinning Question layak dan efektif digunakan untuk memecahkan soal cerita pada materi operasi hitung pecahan di kelas V SD/MI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Spinning Question, Soal Cerita Matematika
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2024 03:19
Perubahan Terakhir: 13 Feb 2024 03:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14107

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.