Al Haetami, Muhamad Lutfi (2024) Manajemen Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250067_Cover.pdf Download (125kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250067_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250067_BAB I.pdf Download (346kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_191250067_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (449kB) |
||
Teks
S_MPI_191250067_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (209kB) |
||
Teks
S_MPI_191250067_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (369kB) |
||
|
Teks
S_MPI_191250067_BAB V.pdf Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tangerang. 2) pelaksanaan pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tangerang. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tangerang 4) masalah dalam pengelolaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tangerang. 5) cara mengatasi masalah dalam pengelolaan pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tangerang. 6) hasil dari pengelolaan pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tangerang. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Untuk hasil penelitian ini menunjukan bahwa. 1). perencanaan pendidikan karakter di MAN 2 Tangerang langkah awalnya penyusunan tata tertib Madrasah melalui rapat kerja. 2) pelaksanaan pendidikan karakter di MAN 2 Tangerang melalui kegiatan pembiasaan sehari-hari seperti tadarus pagi, shalat berjamaah dan lain-lain. 3) faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan karakter di MAN 2 Tangerang, untuk faktor penghambat itu sendiri ada pada lingkungan keluarga yang kurang singkron dengan program kerja Madrasah dan untuk faktor pendukungnya sebagian dewan guru yang ada di MAN 2 Tangerang merupakan ustadz yang tentunya akan memudahkan pelaksanaan pendidikan karakter. 4) masalah dalam pengelolaan pendidikan karakter di MAN 2 Tangerang ada pada guru yang masih kurang peduli terhadap muridnya ketika melakukan kesalahan dan juga pengaruh media sosial. 5) cara menyelesaikan masalah dalam pengelolaan dan pelaksanaannya guru harus mempunyai komitmen dan kepedulian terhadap siswa dan siswi. 6) hasil dari pengelolaan pendidikan karakter di MAN 2 Tangerang yaitu beberapa prestasi yang dimenangkan diberbagai event luar sekolah serta kepercayaan masyarakat sehingga sekolah MAN 2 Tangerang ini menjadi salah satu sekolah Islam favorit yang ada di kecamatan Balaraja dan kabupaten Tangerang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Pendidikan Karakter |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 26 Jan 2024 09:07 |
Perubahan Terakhir: | 26 Jan 2024 09:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14082 |
Actions (login required)
Lihat Item |