Efektivitas Metode Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Materi Khulafaur Rasyidin (Studi di SMP Islam Daar El-Azhar Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi)

Amalia, Haura Putri (2023) Efektivitas Metode Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Materi Khulafaur Rasyidin (Studi di SMP Islam Daar El-Azhar Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210086_Cover.pdf

Download (20kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210086_Lampiran Depan.pdf

Download (674kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210086_BAB I.pdf

Download (288kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210086_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (300kB)
[img] Teks
S_PAI_181210086_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (178kB)
[img] Teks
S_PAI_181210086_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (471kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210086_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210086_Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mendeskripsikan cara penerapan metode perminan ular tangga pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Islam Daar El-Azhar Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi dan untuk mengetahui metode permainan ular tangga berhasil dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Islam Daar El-Azhar Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan disetiap siklus terdapat atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMP Islam Daar El-Azhar Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan siswa pada setiap siklusnya, peningkatan tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pra siklus yaitu 39,39, siklus I dengan nilai rata-rata 68,59, dan siklus II terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 84,55. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi Khulafaur Rasyidin kelas VII di SMP Islam Daar El-Azhar Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Permainan Ular Tangga, Keaktifan Siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Des 2023 07:11
Perubahan Terakhir: 29 Des 2023 07:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13998

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.