Velia, Lisda Cahya (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampian Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menggunakan Media Wordwall Pada Pembelajaran IPA di SD Negeri Dadap 4. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240005_Cover.pdf Download (130kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240005_Lampiran Depan.pdf Download (377kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240005_BAB I.pdf Download (206kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240005_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
Teks
S_PGMI_181240005_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (512kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240005_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (754kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240005_BAB V.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240005_Daftar Pustaka.pdf Download (250kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran IPA. Penelitian bertujuan untuk 1) Untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan wordwall. 2) Untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan media wordwall. Metode yang digunakan penelitian pengembangan dari Borg and Gall yang terdiri atas 6 tahap: 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Produk 6) Uji Coba Produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A SD Negeri Dadap 4 yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas media wordwall adalah lembar penilaian berupa angket validasi ahli media, ahli materi, guru dan angket respon siswa. Proses pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan faktor utama dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, untuk pemilihan media yang tepat seorang guru perlu mempertimbangkan berbagai landasan agar media yang dipilih benar-benar sesuai dengan tingkat pemahaman, kemampuan berpikir logis, dan kondisi sosial siswa. Hasil Penelitian menujukan bahwa: 1) Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan media wordwall “sangat layak” untuk digunakan, 2) Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan media wordwall “sangat baik” untuk digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | instrumen penilaian, keterampilan berpikir tingkat tinggi, media wordwall |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 22 Des 2023 08:15 |
Perubahan Terakhir: | 22 Des 2023 08:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13984 |
Actions (login required)
Lihat Item |