Fatoni, Ahmad (2023) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing dan Mutu Madrasah Aliyah di Menes Pandeglang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_MPI_212625023_Cover.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_212625023_Lampiran Depan.pdf Download (897kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_212625023_BAB I.pdf Download (314kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_MPI_212625023_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (385kB) |
||
Teks
T_MPI_212625023_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (302kB) |
||
Teks
T_MPI_212625023_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (406kB) |
||
|
Teks
T_MPI_212625023_BAB V.pdf Download (165kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_212625023_Daftar Pustaka.pdf Download (240kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Banyaknya lembaga pendidikan di era globalisasi berimplikasi pada persaingan yang kompetitif guna menarik konsumen sehingga bisa terus eksis dan memiliki daya saing. Menes menjadi salah satu jantungnya pendidikan di Kabupaten Pandeglang. Untuk meningkatkan daya saing dan mutu di suatu lembaga pendidikan perlu dilakukan strategi pemasaran yang baik sehingga muncul kepercayaan dari masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan strategi pemasaran jasa pendidikan madrasah Aliyah di Menes Pandeglang; (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran jasa pendidikan madrasah Aliyah Menes Pandeglang; (3) Mendeskripsikan sejauh mana strategi pemasaran jasa pendidikan sebagai upaya peningkatan daya saing dan mutu madrasah Aliyah di Menes Pandeglang. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan pada penelitian yaitu Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Orangtua/Wali Siswa, Siswa, dan Alumni. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles dan Hubberman yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, serta penarikan pesimpulan. Kesimpulan yang diperloeh dari penelitian ini adalah: (1) Strategi pemasaran jasa pendidikan di MAS Mathla‟ul Anwar, MAS Malnu Pusat, dan MAS Anwarul Hidayah telah menerapkan konsep bauran pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, proof, dan process; (2) Faktor pendukung strategi pemasaran jasa pendidikan ketiga madrasah ini lokasi strategis, SDM sesuai kualifikasi, biaya terjangkau, dan pelayanan maksimal. Dan penghambatnya adalah keterbatasannya dana pendidikan madrasah. (3) Strategi pemasaran jasa pendidikan sangat mempengaruhi daya saing dan mutu madrasah di Menes Pandeglang. Sehingga ketiga madrasah ini senantiasa melakukan pemasaran jasa pendidikan dengan meningkatkan kompentensi SDM dan sarana prasarana.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Daya Saing, Mutu Madrasah |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 381 Commerce |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Nov 2023 04:58 |
Perubahan Terakhir: | 29 Nov 2023 04:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13826 |
Actions (login required)
Lihat Item |