Adrian, Danin Ahmad (2023) Analisis Kesesuaian Teori Pemasaran Syariah Pada Praktik Pemasaran Kredit Usaha Rakyat Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Harapan Indah). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_181410004_Cover.pdf Download (105kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_181410004_Lampiran Depan.pdf Download (994kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_181410004_BAB I.pdf Download (325kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_ES_181410004_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (623kB) |
||
Teks
S_ES_181410004_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (263kB) |
||
Teks
S_ES_181410004_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (237kB) |
||
|
Teks
S_ES_181410004_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_181410004_Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Perkembangan perbankan syariah sejak tahun 2021 merupakan salah satu perkembangan perbankan syariah yang besar, hal ini salah satunya disebabkan oleh teknik pemasaran yang dilakukan oleh perbankan, khususnya oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) selain dari megernya dengan bank syariah BUMN, untuk mencapai tujuan sebagai 10 besar perbankan syariah di dunia maka BSI tentunya akan melakukan metode permasaran yang diterapkan oleh BSI. Islam tidak mengkhususkan tentang teknik pemasaran secara spesifik namun islam memberikan pedoman tentang bagaimana muslim berperilaku dalam melakukan transaksi juga dalam melakukan pemasaran, baik yang dicontohkan oleh nabi maupun ijtihad ulama mengenai pemasaran akan ditinjau secara holistik. KUR menjadi acuan peneliti dalam melakukan penelitian ini karena produk ini terdapat pada semua perbankan dan dengan jumlah bunga atau bagi hasil yang sama nilainya sehingga persaingan antar perbankan hanya murni dalam metode pemasaran dan bukan dari diferensiasi produk, sehingga lebih mudah memahami efektivitas pemasaran yang dilakukan oleh BSI. Penelitian ini bertujuan untuk mencari gambaran umum tentang bagaimana praktik pemasaran yang dilakukan oleh BSI dan kesesuaiannya dengan teori pemasaran syariah, hal ini dianalisis melalui 3 teori yakni teori pemasaran islam yang terbagi menjadi 9 indikator, strategi rasullulah dalam berniaga yang terbagi lagi menjadi 5 indikator, dan teori produksi dan distribusi oleh ibnu Khaldun yang terbagi menjadi 2 indikator, kemudian indikator ini akan dijadikan sebagai acuan dalam menganalisis kegiatan pemasaran BSI dalam lingkup pemasaran produk Kredit Usaha Rakyat serta dalam area sebesar 5 kilometer dalam lingkup operasi pemasaran yang dilakukan oleh Account Officer KCP BSI Harapan Indah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Teori pemasaran, Bank Syariah Indonesia, indikator, pemasaran, Kredit Usaha Rakyat |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 22 Nov 2023 04:28 |
Perubahan Terakhir: | 22 Nov 2023 04:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13769 |
Actions (login required)
Lihat Item |