Ulya, Husnul (2023) Pengembangan Media Komik Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Keberagaman Sosial Budaya Kelas V SD Negeri Terate. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240093_Cover.pdf Download (289kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240093_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240093_BAB I.pdf Download (427kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240093_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (539kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240093_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (545kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240093_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (864kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240093_BAB V.pdf Download (12kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240093_Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran komik digital interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Negeri Terate. Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi yang dilaksanakan oleh peneliti di UPT SD Negeri Terate. Pada saat observasi peneliti menemukan masalah yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dikarenakan terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang disediakan oleh sekolah untuk mengajarkan kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, terdapat 5 langkah dalam model ini, diantaranya yaitu: 1. Analysis (Analisis), 2. Design (Desain), 3. Development (Pengembangan), 4. Implementation (Implementasi), dan 5. Evaluation (Evaluasi). Sebagaimana hasil penilaian validasi dari beberapa vlidator ahli media dan ahli materi, diantaranya yaitu: validator ahli media memberikan penilaian dengan presentase 94,54% sedangkan validator ahli materi memberikan penilaian dengan presentase 92,72%. Sedangkan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan media komik digital interaktif masih kurang untuk berpikir secara kritis dengan presentase pre-test sebesar 38,6% sedangkan sesudah menggunakan media mendapatkan nilai akhir dengan presentase 71,3%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media komik digital interaktif “Sangat Layak” dan berpengaruh baik dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Terate.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Komik Digital Interaktif, Kemampuan Berpikir Kritis, Keberagaman Sosial Budaya |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2023 02:12 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2023 02:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13744 |
Actions (login required)
Lihat Item |