Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Anak Melalui Metode Bercerita Kelompok B1 di Ra Al-Wardah Kabupaten Pandeglang

Aini, Ani Kurotul (2023) Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Anak Melalui Metode Bercerita Kelompok B1 di Ra Al-Wardah Kabupaten Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_191260055_Cover.pdf

Download (65kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_191260055_Lampiran Depan.pdf

Download (385kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_191260055_BAB I.pdf

Download (227kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_191260055_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (234kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260055_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (200kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260055_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (433kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_191260055_BAB V.pdf

Download (164kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_191260055_Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini diambil berdasarkan pada fenomena yang muncul di kelas B1 RA Al-Wardah Kabupaten Pandeglang yaitu terdapat beberapa anak yang terkait dengan permasalahan komunikasi verbal anak usia 5-6 tahun. Permasalahan tersebut terdapat dibeberapa anak yang belum mampu menyebutkan pelafalan kata dalam mengeja serta belum bisa bersikap terbuka dengan teman sebayanya atau orang lain. Hal ini terlihat dari sikap anak yang selalu terlihat pendiam saat berada di sekolah dan cenderung kurang aktif pada saat berbicara sehingga kurang bisa dipahami dan dimengerti oleh orang lain. Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan ada beberapa anak yang belum memahami cara berkomunikasi secara verbal sehingga menyebabkan beberapa anak tersebut susah untuk berbicara atau sekedar mengobrol dengan temannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh realitas kemampuan komunikasi verbal anak melalui metode bercerita. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan data. Sumber data yang peneliti gunakan ada dua yaitu, data primer yang terdiri dari guru kelas B1 dan data skunder yang berarti data tambahan yang diperoleh dari penelitian kepustakaan, seperti artikel, jurnal, buku, ebook, dan penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik penelitian peneliti. Berdasarkan nilai perkembangan anak didik di kelas B1 sebelum melakukan kegiatan pembelajaran melalui metode bercerita, diketahui kemampuan komunikasi verbal anak sangat rendah, tingkat perkembangan hanya mencapai sekitar 11 anak saja yang mempunyai kemampuan bahasa cukup baik, melihat kondisi yang demikian maka peneliti memberi pembelajaran dengan metode bercerita, maka terjadi peningkatan secara bertahap dari pertemuan pertama ke pertemuan selanjutnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Meningkatkan, Kemampuan Berkomunikasi, Metode Bercerita
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 20 Nov 2023 04:18
Perubahan Terakhir: 20 Nov 2023 04:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13740

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.