Rokhim, Muhamad (2023) Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akademik Siswa di SMAN 3 Kota Serang (Study Kasus Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Serang, Kota Serang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250053_Cover.pdf Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250053_Lampiran Depan.pdf Download (629kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250053_BAB I.pdf Download (362kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_191250053_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (407kB) |
||
Teks
S_MPI_191250053_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (243kB) |
||
Teks
S_MPI_191250053_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (385kB) |
||
|
Teks
S_MPI_191250053_BAB V.pdf Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250053_Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar akademik siswa di SMA Negeri 3 Kota Serang. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif yang mengambil data deskriptif berupa kata-kata atau wawancara langsung dengan kepala sekolah, wakil kepala bagian kesiswaan dan koordinator bimbingan konseling serta didukung dari hasil pengamatan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pelayanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar akademik siswa yaitu dengan perencanaan yang disiapkan melalui program-program tertentu yakni program bimbingan dan konseling yang telah dituangkan ke dalam rencana kegiatan perlu dijadwalkan ke dalam bentuk kalender kegiatan. Kalender kegiatan mencakup kalender tahunan, semesteran, bulanan dan mingguan. Selain itu adanya faktor pendukung manajemen pelayanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar akademik siswa yaitu (1). Adanya program bimbingan dan konseling yang terintegrasi dengan kurikulum di sekolah, (2). Sarana Prasarana, (3). Pelatihan Dan Pengembangan Konselor. Adapun faktor penghambat: (1). Kurangnya pemahaman bimbingan dan konseling, (2). Kurangnya Kualitas Guru Bimbingan Konseling. Ditemukan juga masalah manajemen pelayanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar akademik siswa yaitu (1). Kurangnya program pelayanan bimbingan dan konseling yang terkoordinasi, (2). Kurangnya alokasi sumber daya. Adapun cara mengatasi masalah manajemen pelayanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar akademik siswa yaitu dengan melakukan pengembangan program pelayanan bimbingan dan konseling dan yang kedua adanya alokasi sumber daya yang cukup untuk melaksanakan tugas mereka dengan baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Bimbingan dan Konseling, prestasi belajar akademik |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 20 Nov 2023 01:59 |
Perubahan Terakhir: | 20 Nov 2023 01:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13737 |
Actions (login required)
Lihat Item |