Muspa, Siti Paridatul (2023) Efektivitas Penggunaan Metode Task bBased Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PBA_191220095_Cover.pdf Download (276kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220095_Lampiran Depan.pdf Download (700kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220095_BAB I.pdf Download (389kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PBA_191220095_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (522kB) |
||
Teks
S_PBA_191220095_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (608kB) |
||
Teks
S_PBA_191220095_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (473kB) |
||
|
Teks
S_PBA_191220095_BAB V.pdf Download (287kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PBA_191220095_Daftar Pustaka.pdf Download (427kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Permasalahan pengajaran bahasa Arab berkisar pada masalah motivasi dan minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Kondisi itu ditambah dengan perbedaan pengetahuan dan pengalaman belajar mereka karena latar pendidikan mereka yang berbeda pula. Itu kemudian berdampak pada kemampuan metodologis mereka dalam mengajar bahasa arab di kelas. Disisi lain, minimnya waktu belajar di sekolah membuat sulitnya pengembangan pengajaran bahasa Arab secara lebih luas, ditambah lagi dengan sulitnya penciptaan lingkungan berbahasa yang kuat di sekolah. Semua permasalahan itu bertalian satu sama lain dan membutuhkan penyelesaian yang komprehensif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode task based learning dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros. Penelitian ini terdiri dari dua kelas berjumlah 60 siswa yaitu 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Test, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penggunaan metode task based learning efektif dalam pembelajaran bahasa arab di madrasah aliyah nurul huda baros. Hasil uji T dengan menggunakan uji T sampel independen dengan hasil nilai signifikansi 0.006 dengan taraf signifikansi a=0,05 dimana nilai signifikansinya lebih kecil dari taraf signifikansi (0.006 <0.05) maka dapat dimaknai bahwa penggunaan metode task based learning efektif dalam pengajaran bahasa arab kelas sepuluh di madrasah aliyah nurul huda baros. Dalam Uji N-Gain penggunaan metode task based learning ditemukan memiliki efektivitas sebesar 0,84 dalam pembelajaran bahasa arab. Hal ini menunjukkan bahwa metode tersebut memiliki keefektifan dalam pengajaran bahasa arab sebesar 8,4 %.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Task Based Learning, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 07 Nov 2023 03:48 |
Perubahan Terakhir: | 07 Nov 2023 03:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13668 |
Actions (login required)
Lihat Item |