Perbandingan Model Discovery Learning Dan Model Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Salembaran 1

Dewi, Lianah Safitri (2023) Perbandingan Model Discovery Learning Dan Model Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Salembaran 1. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240090_Cover.pdf

Download (25kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240090_Lampiran Depan.pdf

Download (510kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240090_BAB I.pdf

Download (322kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240090_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (331kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240090_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (364kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240090_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (436kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240090_BAB V.pdf

Download (260kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240090_Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaaan pengaruh antara model Discovery Learning dan model Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperiment. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tekhnik sampling purposive, dengan kelas VA sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Inquiry dan kelas VB sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes dalam bentuk essai sebanyak 6 butir soal yang kemudian dianalisi dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh hasil sig. 2 –tailed= 0,012 dan taraf signifikan (α) = 0,05. Sehingga sig. 2 –tailed lebih kecil dari taraf signifikan (α) (0,012< 0,05) maka ditolak dan diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi model pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Discovery Learning, Model Pembelajaran Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Okt 2023 02:12
Perubahan Terakhir: 31 Okt 2023 02:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.