Kartika, Nadya Tri (2023) Efektivitas Pengggunaan Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di TK Roudhoh Banten Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260066_Cover.pdf Download (32kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260066_Lampiran Depan.pdf Download (381kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260066_BAB I.pdf Download (339kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260066_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (175kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260066_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (259kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260066_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (245kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260066_BAB V.pdf Download (14kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260066_Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui perencanaan pelaksanaan metode bernyanyi. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini. 3) Untuk mengetahui evaluasi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa dengan metode bernyanyi bagi anak usia dini. Tempat yang dijadikan lokasi dalam penelitian ini di laksanakan di TK Roudhoh Banten, Perum Samaji Asri, Kec. Taktakan Kota Serang. Jenis penelitian yag penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode gabungan kuantitatif dan kualitatif (mixed research), dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian gunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berjenis data primer dan data sekunder. Analisa data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, langkah-langkah dalam menganalisis datanya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa, 1). Proses perencanaan pelaksanaan metode bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak di TK Roudhoh Banten melalui beberapa tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Di TK Roudhoh Banten dalam menggunakan metode bernyanyi, guru-guru sebagian besar sering kolaborasi dengan metode cerita untuk memaksimalkan isi materi, karena mayoritas anak didik TK Roudhoh Banten dalam kefasihan membaca masih bisa dikatakan minim sekali. Akan tetapi dengan metode bernyanyi dan bercerita, anak didik dapat menyerap dan menyimak semua bahasa yang disampaikan oleh guru. 3) Metode bernyanyi telah terbukti sangat efektif dalam mengembangkan bahasa anak didik di TK Roudhoh Banten. Metode bernyanyi memberikan kemudahan bagi anak-anak dalam menyerap dan memahami bahasa yang diajarkan oleh guru. Hasil pengujian instrument yang dilakukan kepada anak murid siperoleh nilai rata-rata sebesar 29,6 dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Anak Usia Dini, Bernyanyi,Perkembangan Bahasa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 30 Okt 2023 02:49 |
Perubahan Terakhir: | 30 Okt 2023 02:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13615 |
Actions (login required)
Lihat Item |