Rahmawati, Siti (2023) Penggunaan Metode Belajar Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 3 Mandalawangi. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210039_Cover.pdf Download (123kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210039_Lampiran Depan.pdf Download (951kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210039_BAB I.pdf Download (385kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210039_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (345kB) |
||
Teks
S_PAI_171210039_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (483kB) |
||
Teks
S_PAI_171210039_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (581kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210039_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210039_Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar siswa mata pelajaran PAI di SMPN 3 Mandalawangi, Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode belajar Kelompok Kecil terhadap peningkatan Keaktifan belajar siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 3 Mandalawangi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen, teknik pengumpulan data melalui Angket, Wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Keaktifan belajar siswa Pada Mata Pelajaran pelajaran PAI di SMPN 3 Mandalawangi sebelum digunakannya metode belajar kelompok kecil dipeoleh nilai rata-rata sebesar 44,3 pada kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 54. Keaktifan belajar siswa Pada Mata Pelajaran pelajaran PAI di SMPN 3 Mandalawangi sesudah digunakannya metode belajar kelompok kecil dipeoleh nilai rata-rata sebesar 58,75 pada kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,76. Keaktifan belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan metode belajar kelompok kecil dengan kelas eksperimen yang menggunakan metode belajar kelompok kecil pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu nilai t hitung sebesar 1,93 lebih besar dari nilai t tabel pada taraf signifikasi 0,05 yakni 1,706. Sebagaimana ketentuan dari rumusan uji hipotesis, jika t hitung > t tabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode belajar kelompok kecil untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Mandalawangi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Belajar, Kelompok Kecil, Keaktifan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 16 Okt 2023 02:09 |
Perubahan Terakhir: | 16 Okt 2023 02:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13472 |
Actions (login required)
Lihat Item |