Pengaruh Percaya Diri Terhadap Kemampuan Komunikasi Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Semester IV Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Nihayatuzzaen, Nihayatuzzaen (2023) Pengaruh Percaya Diri Terhadap Kemampuan Komunikasi Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Semester IV Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_191520105_Cover.pdf

Download (323kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_191520105_Lampiran Depan.pdf

Download (884kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_191520105_BAB I.pdf

Download (345kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_191520105_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (409kB)
[img] Teks
S_BKI_191520105_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (839kB)
[img] Teks
S_BKI_191520105_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_191520105_BAB V.pdf

Download (276kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_191520105_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Percaya diri menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kelancaran seseorang dalam berkomunikasi dan menyampaikan suatu pendapat. Dimana komunikasi menjadi salah satu kebutuhan dasar seseorang untuk saling berbagi informasi, menyampaikan perasaan dan berinteraksi. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui pengaruh dari percaya diri terhadap kemampuan komunikasi mahasiswa semester IV Bimbingan Konseling Islam. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kondisi percaya diri pada mahasiswa semester IV Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 2) untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi mahasiswa semester IV Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 3) untuk mengetahui pengaruh percaya diri terhadap kemampuan komunikasi mahasiswa semester IV Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis regresi linier sederhana, untuk mengetahui pengaruh dari percaya diri terhadap kemampuan komunikasi mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah 200 mahasiswa semester IV Program Studi Bimbingan Konseling Islam, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket yang disebar melalui google formulir. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari Maret sampai Juni 2023, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 30 mahasiswa semester IV Bimbingan Konseling Islam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kondisi percaya diri mahasiswa semester IV Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dapat dilihat dari nilai Mean dengan nilai sebesar 61.53 yaitu pada kategori tinggi. 2) Tingkat kemampuan komunikasi mahasiswa semester IV Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Banten dapat dilihat dari nilai Mean dengan nilai sebesar 63.90 yaitu pada kategori sangat tinggi. 3) Pengaruh Percaya Diri Terhadap Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Semester IV Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dapat dilihat dari nilai signifikasi dan perolehan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.772 dibulatkan menjadi 77.2% yaitu pada kategori sangat tinggi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Percaya Diri, Kemampuan Komunikasi, Mahasiswa
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 12 Okt 2023 03:24
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 04:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13444

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.