Peran Guru Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Melalui Pembiasaan Pelaksanaan “Dintene Bahasa Jawa” Kelas 3 di SDN Tegal Cabe Kota Cilegon

Azizah, Nur (2023) Peran Guru Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Melalui Pembiasaan Pelaksanaan “Dintene Bahasa Jawa” Kelas 3 di SDN Tegal Cabe Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240150_Cover.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240150_Lampiran Depan.pdf

Download (653kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240150_BAB I.pdf

Download (240kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240150_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (377kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240150_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (227kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240150_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (489kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240150_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240150_Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pada pembelajaran bahasa Jawa di kelas 3, untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran bahasa Jawa, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru pada pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peran guru pada pembelajaran bahasa Jawa di kelas 3 berperan sebagai pendidik dan pengajar dalam memberikan motivasi dan tujuan pembelajaran, sebagai pembimbing, sebagai mediator, sebagai evaluator, melakukan pembiasaan, dan pemberian apresiasi. Untuk pembiasaan yang dilakukan yaitu pembiasaan secara berulang dengan berbahasa Jawa dan dilaksanakan setiap hari sabtu. 2) prestasi belajar siswa kelas 3 sudah mencukupi KKM-nya 70 dan termasuk kategori predikat B (Baik). 3) faktor pendukung: pembiasaan berbahasa Jawa secara berulang, tersedia buku paket, kerjasama antara guru, siswa, dan orang tua, motivasi belajar peserta didik. Sedangkan faktor penghambat: siswa yang kurang merespon, lingkungan keluarga dan masyarakat, keterbatasan SDM, kurangnya bahan buku bacaan bahasa Jawa dan infokus.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran Bahasa Jawa, Peran Guru
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Sep 2023 04:25
Perubahan Terakhir: 29 Sep 2023 04:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13338

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.