Faren, Yustika Diarra (2023) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan, Studi Deskriptif di MAN 1 kota Cilegon, Kec. Citangkil, Kab. Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250006_Cover.pdf Download (28kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250006_Lampiran Depan.pdf Download (502kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250006_BAB I.pdf Download (199kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_191250006_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (532kB) |
||
Teks
S_MPI_191250006_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (260kB) |
||
Teks
S_MPI_191250006_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (592kB) |
||
|
Teks
S_MPI_191250006_BAB V.pdf Download (207kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250006_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: manajemen sarana prasarana dan mutu pendidikan, faktor pendukung, penghambat dan cara mengatasi manajemen sarana prasarana di MAN 1 kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan, yaitu: (1)Perencanaan dengan analisis kebutuhan sarana prasarana terutama kebutuhan skala prioritas yang diadakan melalui rapat dikoordinasikan oleh wakil kepala sarana prasarana, (2)Pengadaan sarana prasarana anggarannya berasal dari pemerintah dan komite, prosesnya dinaungi oleh pemerintah dikoordinasikan oleh waka sarana prasarana, bendahara, staf TU bagian BMN, (3)Inventarisasi kegiatan yang mengelola, mengatur dan mencatat jumlah aset, keluar masuknya aset, serta kerusakan pada sarana prasarana, (4)Penyimpanan menggunakan lemari dan ruangan-ruangan kosong serta belum memiliki gudang penyimpanan, (5)Penghapusan memiliki dua sistem, sistem aset negara dan komite, aset negara memiliki beberapa prosedur sedangkan aset komite dikelola oleh madrasah, (6)Beberapa program yang membantu meningkatkan mutu pendidikan program lanjutan kultum, istighosah, ekstrakurikuler atau program baru workshop literasi dan kelas unggulan di madrasah, (7)Faktor pendukung yaitu: warga madrasah, pemerintah, wali murid, dan masyarakat dan faktor penghambat yaitu: anggaran madrasah, pengelolaan dan penyimpanan yang masih kurang efektif. (8)Cara mengatasi: anggaran dan kerjasama warga madrasah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Sep 2023 04:28 |
Perubahan Terakhir: | 19 Sep 2023 04:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13253 |
Actions (login required)
Lihat Item |