Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Bangun Ruang di Kelas V Sd/Mi (PTK di Kelas V Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Ibnu Abbas Kecamatan Taktakan Kota Serang)

Fakhira, Aisyah (2023) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Bangun Ruang di Kelas V Sd/Mi (PTK di Kelas V Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Ibnu Abbas Kecamatan Taktakan Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171230090_Cover.pdf

Download (112kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171230090_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171230090_BAB I.pdf

Download (98kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171230090_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (354kB)
[img] Teks
S_PGMI_171230090_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (205kB)
[img] Teks
S_PGMI_171230090_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (566kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171230090_BAB V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171230090_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan Model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada konsep bangun ruang di kelas V SD/MI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Adapun tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk memecahkan suatu masalah, namun tujuan PTK yang utama adalah untuk perbaikan dan peningkatan kemampuan professional guru, perbaikan proses dan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian dengan penerapan model pembelajaran dengan menggunakan Model Discovery Learning pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari lembar observasi guru dan siswa yang masuk kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan nilai yang didapat pada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pra siklus rata-rata nilai 59,04 dengan jumlah yang tuntas 10 siswa dan presentase ketuntasan 47,61% dengan kategori (kurang). Kemudian pada siklus I dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 77,61 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dan presentase ketuntasan sebesar 85,71% dengan kategori (baik).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Sep 2023 03:06
Perubahan Terakhir: 14 Sep 2023 03:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13215

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.