Aniskurlilah, Devi (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Terhadap Tanggung Jawab Siswa (Penelitian Kualitatif Kelas IV Di Sekolah MIN 2 Kabupaten Serang Kecamatan Baros, Serang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240007_Cover.pdf Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240007_Lampiran Depan.pdf Download (531kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240007_BAB I.pdf Download (245kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240007_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (331kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240007_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (204kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240007_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (856kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240007_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240007_Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi implementasi pendidikan karakter disiplin terhadap tanggung jawab siswa di MIN 2 Kabupaten Serang. Selain lingkungan keluarga, lingkungan sekolah juga memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa, terutama disiplin dan tanggung jawabnya. Pengimplementasian pendidikan karakter disekolah sangatlah diharuskan agar siswa memiliki karakter yang baik. Banyak sekali pelanggaran-pelanggaran yang terjadi disekolah ataupun madrasah salah satunya adalah siswa tidak mematuhi tata tertib yang sudah ada disekolah dengan baik, contohnya seperti, masih terdapat siswa yang tidak membuang sampah pada tempatnya, siswa tidak membawa kotak makan yang seharusnya dibawa setiap hari untuk tempat makanan yang mereka beli. Kurangnya penguatan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab disekolah. Peserta didik di madrasah nilai kesopanannya, nilai disiplinnya, nilai tanggung jawab belum bagus atau baik. Kurannya rasa semangat dalam belajar, serta kurangnya kreatif dalam pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif Deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk pendidikan karakter disiplin terdapat dua indikator dan untuk pendidikan karakter tanggung jawab mempunyai delapan indikator. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MIN 2 Serang ini telah mengimplementasikan pendidikan karakter khusunya disiplin, tanggung jawab, melalui peraturan, tata tertib dan pembiasaan disekolah yang dapat menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa akan tetapi masih ada beberapa siswa yang melanggar peraturan. Siswa yang melanggar akan dikenakan sanksi yang berlaku.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab, Pendidikan Karakter |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 11 Sep 2023 03:13 |
Perubahan Terakhir: | 11 Sep 2023 03:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13203 |
Actions (login required)
Lihat Item |