Alwi, Fadlul Ismail (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Pada Materi Ibadah Kelas VII MTs Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210095_Cover.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210095_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210095_BAB I.pdf Download (377kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210095_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (493kB) |
||
Teks
S_PAI_181210095_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (503kB) |
||
Teks
S_PAI_181210095_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210095_BAB V.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210095_Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pengembangan pembelajaran dilakukan untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran yang menarik akan memudahkan guru untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam menyerap materi pembelajaran. Ketepatan memilih media merupakan faktor utama dalam mengoptimalkan hasil pembelajaran. Media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mind mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran berbasis mind mapping pada materi ibadah kelasVII, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis mind mapping pada materi ibadah di kelas VII, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi ibadah dengan menggunakan mind mapping. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). R&D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil validasi dari ahli validator dikategorikan sangat valid sehingga media pembelajaran berbasis mind mapping pada mata pelajaran Fiqh materi Ibadah dapat dikembangkan di MTs Al-Inayah Kota Cilegon. Hasil respon siswa secara keseluruhan diperoleh data dengan kriteria sangat tertarik, sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa MTs Al-Inayah Kota Cilegon sangat tertarik terhadap media pembelajaran berbasis mind mapping pada mata pelajaran Fiqh materi ibadah dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian hasil belajar siswa dapat dikatakan adanya peningkatan nilai siswa dengan menggunakan media pembelajaran mind mapping dan sebagian besar siswa memperoleh nilai diatas KKM dengan hasil kriteria sedang dan tinggi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Mind Mapping, Materi Ibadah |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 31 Aug 2023 04:13 |
Perubahan Terakhir: | 31 Aug 2023 04:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13158 |
Actions (login required)
Lihat Item |