Rahmawati, Alya (2023) Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif Mahasiswa KPI Fakultas Dakwah UIN SMH Banten Tahun 2020-2022). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_191510113_COVER.pdf Download (220kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510113_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (540kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510113_BAB I.pdf Download (389kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_191510113_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (281kB) |
||
Teks
S_KPI_191510113_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (237kB) |
||
Teks
S_KPI_191510113_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
||
|
Teks
S_KPI_191510113_BAB V.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510113_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Mahasiswa sudah bias dipastikan memiliki smartphone yang bisa tersambung dengan internet dan tidak sedikit didalam smartphone tersebut terdapat sosial media terutama instagram. Dengan banyak nya orang yang menggunakan instagram dan memiliki latar belakang yang berbeda menjadikan instagram sangat bervariasi, sehingga sering dimanfaatkan mahasiswa untuk mengeksplor banyak hal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apa alasan mahasiswa KPI dalam menggunakan Instagram? 2. Apa jenis informasi yang paling diminati oleh mahasiswa KPI? 3. Bagaimana frekuensi penggunaan Instagram terhadap mahasiswa KPI?. Sedangkan tujuan penelitian yaitu 1. Untuk mengetahui alasan mahasiswa KPI dalam menggunakan Instagram 2. Untuk mengetahui jenis informasi yang paling diminati oleh mahasiswa KPI 3. Untuk mengetahui frekuensi penggunaan Instagram terhadap mahasiswa KPI. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif dan pendekatan gabungan, dimana pendekatan kualitatif dan kuantitatif digabungkan menjadi satu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1. Alasan mahasiswa menggunakan Instagram yaitu untuk memenuhi kebutuhan akan informasi yang menunjang kegiatan responden dan untuk mengetahui apa saja yang trending, karena mahasiswa berpendapat bahwa Instagram merupakan media sosial yang up to date dan mudah diakses. 2. Jenis informasi yang diminati oleh mahasiswa yaitu konten informatif di Instagram karena informasi yang dapat diperoleh sangatlah unik dan variatif serta dikemas dalam bentuk video maupun foto yang dapat membuat orang lebih percaya bahwa informasi yang dipublikasikan tersebut memang benar. 3. Frekuensi penggunaan Instagram terhadap mahasiswa menyatakan bahwa mahasiswa menggunakan media sosial selama 60-90 menit dalam sehari. Karena menurut pakar kesehatan yang dilansir dari website halodoc, durasi yang ideal untuk bermain media sosial dalam sehari antara 30-90 menit, pasalnya setiap orang memiliki kondisi psikologis dan reaksi emosional yang berbeda terhadap konten media sosial.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Penggunaan Media Sosial, New Media, Instagram, Mahasiswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 21 Aug 2023 01:06 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 02:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13040 |
Actions (login required)
Lihat Item |