Saprudin, Saprudin (2023) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perubahan Perilaku pada Mahasiswa UIN SMH Banten (Studi Korelasi: Tiktok @buyayahyaofficial). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_191510024_COVER.pdf Download (122kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510024_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (530kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510024_BAB I.pdf Download (346kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_191510024_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (315kB) |
||
Teks
S_KPI_191510024_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (445kB) |
||
Teks
S_KPI_191510024_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (412kB) |
||
|
Teks
S_KPI_191510024_BAB V.pdf Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510024_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Media sosial menjadi saksi berkembangnya pengetahuan serta teknologi di dunia. Zaman modern seperti sekarang ini, banyak para da’i menyampaikan pesan-pesan dakwahnya lebih memilih dengan menggunakan media sosial. Seperti halnya yang dilakukan oleh pemilik akun tiktok @buyayahyaofficial berdakwah dengan membuat video yang simpel dan jelas pembahasannya sehingga dapat menarik perhatian mad’u. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana isi pesan dakwah dalam akun Tiktok @buyayahyaofficial? (2) Bagaimana perubahan perilaku mahasiswa UIN SMH Banten setelah menonton konten video pada akun Tiktok @buyayahyaofficial? (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan Tiktok @buyayahyaofficial terhadap perubahan perilaku pada mahasiswa UIN SMH Banten?. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi survei. Penelitian kuantitatif merupakan metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Variabel-variabel ini diukur (biasanya dengan instrumen penelitian) sehingga data yang terdiri dari angka-angka dapat dianalisis berdasarkan prosedur statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat kuat dan positif antara penggunaan media sosial (studi korelasi: tiktok @buyayahyaofficial) (X) terhadap perubahan perilaku (Y) dibuktikan dari r = 0,726. Dan kontribusi atau sumbangan yang diberikan variabel X (pengaruh penggunaan media sosial) terhadap variabel Y (perubahan perilaku) sebesar 52,7%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Sosial, Tiktok, @buyayahyaofficial, Perubahan, Perilaku |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 11 Aug 2023 03:10 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 03:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12975 |
Actions (login required)
Lihat Item |