Komik sebagai Media Dakwah Milenial (Analisis Isi Pesan Dakwah pada Komik di Instagram @Iqomic Founder Sandy Priya Utomo)

Ilmi, Yogi Ikhsan Nur (2023) Komik sebagai Media Dakwah Milenial (Analisis Isi Pesan Dakwah pada Komik di Instagram @Iqomic Founder Sandy Priya Utomo). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_1811510075_Cover.pdf

Download (192kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_1811510075_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_1811510075_Bab I.pdf

Download (486kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_1811510075_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (660kB)
[img] Teks
S_KPI_1811510075_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (355kB)
[img] Teks
S_KPI_1811510075_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_1811510075_Bab V.pdf

Download (286kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_1811510075_Daftar Pustaka.pdf

Download (406kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Komik bisa menjadi media dalam menyampaikan kebaikan atau dalam agama Islam bisa disebut sebagai dakwah. banyak dari kalangan pemuda yang menggunakan komik sebagai media berdakwah. Iqomic adalah salah satu akun instagram yang menggunakan komik web sebagai media dakwah, memiliki pengikut atau followers yang cukup banyak dan postingan yang dipublish. Lebih dari 475 ribu akun yang mengkutinya juga 248 ribu postingan yang diunggahnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; Bagaimana kategorisasi pesan dakwah yang terkandung dalam komik pada akun instagram @iqomic?. Apa isi pesan dakwah yang terkandung dalam komik pada akun instagram @iqomic?. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Adapun metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah analisis isi yang bersifat kuantitatif yaitu suatu teknik penelitian ilmiah yang ditunjukan untuk mengetahui gambaran karakteristik isi dan menarik inferensi dari isi. Analisis isi ditujukan untuk mengidentifikasi secara sistematis isi komunikasi yang tampak dan dilakukan secara objektif, valid, reliabel dan dapat direplikasi. Hasil dari Kategori pesan dakwah pada komik yang paling dominan dalam unggahan akun iqomic adalah pesan akhlak yang mempunyai nilai sebesar (36.67%), pesan akidah sebagai peringkat kedua setelah pesan akhlak yang mempunyai nilai sebesar (26.67%) pesan syariah yang mempunyai nilai sebesar (23.33%), dan yang paling rendah adalah pesan mu’amalah yang mempunyai nilai sebesar (13.33%). Dari masing-masing presentase dominan pesan dakwah tersebut mempunyai isi pesan dakwah yang berbeda-beda seperti pesan akhlak kepada manusia, pesan akidah ruhaniyah dan samiyah, pesan syariah yang meliputi syariat suatu ibadah, dan pesan muamalah tentang hukum yang mengatur tata kehidupan sosial.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pesan, Dakwah, Komik, Instagram, Milenial, Iqomic
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 11 Aug 2023 02:53
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12974

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.