Danoer, Alesian Dafa Alfein (2023) Implementasi Pendidikan Karakter di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hamdaniyah Kecamatan padarincang Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240042_COVER.pdf Download (278kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240042_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240042_BAB I.pdf Download (313kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240042_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (563kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240042_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (334kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240042_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (444kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240042_BAB V.pdf Download (284kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240042_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan karakter adalah sebuah proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang sehingga menjadi satu dalam perilaku kehidupan orang tersebut. Pendidikan karakter bukan hanya berurusan dengan penanaman nilai pada diri peserta didik, melainkan merupakan sebuah usaha bersama untuk menciptakan sebuah lingkungan pendidikan tempat setiap individu dapat menghayati kebebasannya sebagai sebuah masyarakat bagi kehidupan moral yang dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pelaksanaan pendidikan dan faktor apa saja yang menjadi penghamnbat dalam menerapkan pendidikan karakter siswa kelas IV MI Al-Hamdaniyah. Penelitian ini di lakukan di MI Al-Hamdaniyah Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, ubjek penelitiannya adalah Kepala Madrasah, Wali Kelas, dan Siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini Wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter pada kelas IV berjalan dengan cukup efektif dengan segala upaya dan strategi yang telah dilakukan oleh semua guru di MI AL-Hamdaniyah. Hal ini dapat dilihat dari strategi yang di buat, yaitu integrasi penidikan karakter kedalam kegiatan sehari-hari selain itu juga dengan kegiatan terprogram, meskipun ada beberapa kendala dalam pelaksanaan Pendidikan karakter. Dapat disimpulkan bahwa Pendidikan karakter di MI Al-Hamdaniyah Kecamatan Padarincang kabupaten Serang cukup efektif hal ini menunjukkan bahwa dengan kegiatan sehari-hari dan kegiatan terprogram cukup mendukung dalam keberhasilan Pendidikan karakter kepada siswa kelas IV di MI Al-Hamdaniyah Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 03 Aug 2023 04:00 |
Perubahan Terakhir: | 03 Aug 2023 04:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12808 |
Actions (login required)
Lihat Item |