Nashriyah, Farihatun (2023) Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19 ( Study MIS Nurul Ardaniyah Kab.Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240137_Cover.pdf Download (78kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240137_Lampiran Depan.pdf Download (466kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240137_BAB I.pdf Download (301kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240137_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (222kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240137_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (255kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240137_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (444kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240137_BAB V.pdf Download (17kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240137_Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa kelas tiga pada pembelajaran IPA di masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di MIS Nurul Ardaniyah Tangerang, jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menjamin keabsahan data, prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diolah melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, analisis data menggunakan angket kepada 14 siswa kelas tiga MIS Nurul Ardaniyah Tangerang. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar IPA di masa pandemi covid-19 sehingga dapat menemukan uapaya-upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan faktor penurunan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online mata pelajaran IPA kelas tiga terjadi dikarenakan: (a) siswa jenuh dengan pembelajaran jarak jauh yang dianggap membosankan, sehingga menciptakan kejenuhan pada pola belajar siswa akibatnya, minat belajar siswa menurun, (b) bantuan paket data internet dari pemerintah yang sering terlambat, sehingga siswa sulit mengirim dan mengumpulkan tugas, (c) siswa belum beradaptasi dengan pembelajaran IPA secara online. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi penurunan motivasi belajar yaitu (1) Memaksimalkan Fasilitas Pembelajaran. (2) Memberikan Metode pembelajaran yang tepat (3) Memanfaatkan media belajar (4) melakukan evaluasi pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA, Pandemi Covid-19 |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 02 Aug 2023 02:32 |
Perubahan Terakhir: | 02 Aug 2023 02:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12776 |
Actions (login required)
Lihat Item |