Nafsi, Agni Gina (2023) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd/Mi Pada Pelajaran Ipa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240106_Cover.pdf Download (41kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240106_Lampiran Depan.pdf Download (483kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240106_BAB I.pdf Download (328kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240106_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (902kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240106_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (793kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240106_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240106_BAB V.pdf Download (264kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240106_Daftar Pustaka.pdf Download (377kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini didasari oleh kurangnya media pembelajaran interaktif yang bisa menstimulus pembelajaran berpikir kritis, serta sulitnya guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis IT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan dari media video animasi berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPA di MIN 2 Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research dan Development (R&D) dengan model penelitian menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu : (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Jumlah sampel yang diambil adalah 21 siswa. Berdasarkan pada langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan produk berupa video animasi berbasis Canva pada pelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia. Dari data yang diperoleh setelah hasil uji kelayakan validasi oleh ahli media mendapatkan skor keseluruhan yaitu 92,48% dengan kategori “sangat layak”. Kemudian hasil uji kelayakan validasi oleh ahli materi mendapatkan skor 95% dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya hasil pretest dan posttest dengan nilai rata-rata yang di peroleh keduanya adalah 52,04% dan 90,52%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang artinya media yang dirancang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil pretest dan posttest kemudian dihitung peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil sebesar 0,8 masuk kedalam ketegori “tinggi”. Hasil respon siswa mencapai 100% dengan kategori “sangat baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis Canva layak digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Video animasi Berbasis Canva, Berpikir Kritis, IPA |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 01 Aug 2023 02:37 |
Perubahan Terakhir: | 01 Aug 2023 03:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12749 |
Actions (login required)
Lihat Item |