Indriyani, Ina (2023) Strategi Guru Dalam Pengelolaan Lingkungan Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Di RA Al Izzah Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260006_Cover.pdf Download (16kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260006_Lampiran Depan.pdf Download (636kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260006_BAB I.pdf Download (235kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260006_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (406kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260006_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (257kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260006_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (301kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260006_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260006_Daftar Pustaka.pdf Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pengelolaan lingkungan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini dan perkembangan motivasi belajar anak usia dini di RA Al Izzah Kota Serang yang dilatar belakangi dengan beberapa guru masih sulit dalam mengelola lingkungan belajar dengan baik, ada beberapa anak yang tidak mengikuti proses pembelajaran sehingga motivasi belajar pada anak masih rendah. Hal ini guru harus mengelola kelas dengan kondusif untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Salah satunya dengan memberikan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan supaya anak dapat semangat dan antusias ketika pembelajaran berlangsung, anak akan penasaran dengan media yang baru diketahuinya. Dalam pengelolaan kelas guru menata meja dan kursi dengan baik dan rapi. Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang optimal. Pengelolaan lingkungan belajar juga sangat berkaitan dengan motivasi belajar anak. Guru memiliki strategi dalam mengelola kelas dengan baik yang akan memberikan interaksi belajar yang kondusif, efektif dan efisien, maka motivasi yang ada di dalam diri anak akan meningkat lebih baik untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan anak data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pengelolaan lingkungan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini yaitu dengan strategi guru selalu menerapkan aturan saat di kelas seperti: berbicara secukupnya dan tidak berlari di kelas, guru selalu menjelaskan pijakan saat bermain, guru membuat media yang menarik, dan guru selalu memberikan dorongan positif supaya anak lebih giat dalam belajar. Perkembangan motivasi belajar anak meningkat dengan baik sehingga anak memiliki motivasi belajar yang tinggi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan bersungguh – sungguh dan giat untuk mengerjakan tugas dalam menghadapi berbagai macam kesulitan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengelolaan Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar Anak |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 22 Jun 2023 03:20 |
Perubahan Terakhir: | 22 Jun 2023 03:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12588 |
Actions (login required)
Lihat Item |