Rokilah, Siti (2023) Hubungan Ekstrakurikuler Kaligrafi Dengan Kemampuan Menulis Kaligrafi Santri (Studi di Pondok Pesantren Nurul Huda Kecamatan Baros Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210194_Cover.pdf Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210194_Lampiran Depan.pdf Download (529kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210194_BAB I.pdf Download (295kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210194_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (699kB) |
||
Teks
S_PAI_171210194_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (580kB) |
||
Teks
S_PAI_171210194_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (702kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210194_BAB V.pdf Download (266kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210194_Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi, Mendeskripsikan kemampuan menulis kaligrafi, Menganalisis hubungan ekstrakurikuler kaligrafi dengan kemampuan menulis kaligrafi santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Kecamatan Baros Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 30 santri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi adalah tinggi mencapai 36,7% karena selisih tidak jauh beda; Kedua tingkat kemampuan menulis kaligrafi adalah sedang mencapai 76,7%; Ketiga berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan Product Moment (rxy) diperoleh nilai korelasi rhitung sebesar 0,641 sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan dkn=30 sebesar 0,361, dapat diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau dapat diformulasikan rhitung (0,641) > rtabel (0,361). maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Sedangkan dilihat pada tabel interpretsi nilai “r” product moment bahwa rhitung (0,641) terletak pada titik 0,60 – 0,799 yang artinya adalah kuat dan tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat dan tinggi atau signifikan antara ekstrakurikuler kaligrafi dengan kemampuan menulis kaligrafi Santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Kecamatan Baros Kabupaten Serang. Adapun kontribusi ekstrakurikuler kaligrafi dengan kemampuan menulis kaligrafi santri sebesar 41,09% sedangkan sisanya 58,91% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang perlu dilakukan penelitian lebih lanju
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Ekstrakurikuler Kaligrafi, Kemampuan Menulis Kaligrafi, Santri Pondok Pesantren |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Jun 2023 03:59 |
Perubahan Terakhir: | 19 Jun 2023 03:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12578 |
Actions (login required)
Lihat Item |