Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Madrasah Ibtidaiyah

Ashimah, Uum (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_152400878_Cover.pdf

Download (18kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_152400878_Lampiran Depan.pdf

Download (528kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_152400878_BAB I.pdf

Download (186kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_152400878_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (201kB)
[img] Teks
S_PGMI_152400878_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (444kB)
[img] Teks
S_PGMI_152400878_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (274kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_152400878_BAB V.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_152400878_Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa bahasa Indonesia pada pokok bahasan karangan cerita. Penelitian ini dilakukan di kelas V MIT Mathlaul Anwar di Kabupaten Tangerang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Penelitian ini dalam metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest one group design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas V semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di Kabupaten Tangerang. Sampel yang diambil adalah kelas V dengan jumlah 21 siswa di MIT Mathlaul Anwar. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode bercerita memperoleh rata-rata nilai posttest 73,31, sedangkan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran biasa (konvensional) memperoleh rata-rata nilai pretest 32,69. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berbicara bahasa Indonesia pada materi menggali informasi tentang karangan bebas kelas V yang diajarkan dengan menggunakan metode bercerita lebih tinggi dibanding dengan pembelajaran biasa (konvensional) (thitung > ttabel yaitu 0,05 > 6.912). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode bercerita terhadap kemampuan berbicra siswa bahasa Indonesia pada pokok bahasan karangan bebas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode bercerita, kemampuan berbicara
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Mei 2023 06:49
Perubahan Terakhir: 31 Mei 2023 06:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12522

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.