Masitoh, Ita (2023) Analisis Perilaku Afektif Siswa Tunagrahita Kategori Sedang Pada Kegiatan Mewarnai di Kelas 1 SKH Negeri 02 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240052_Cover.pdf Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240052_Lampiran Depan.pdf Download (548kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240052_BAB I.pdf Download (248kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240052_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (347kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240052_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (259kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240052_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (496kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240052_BAB V.pdf Download (246kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240052_Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku afektif dan untuk mengetahui proses pengajaran mewarnai anak tunagrahita kategori sedang di Kelas 1 SKH Negeri 02 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana objek utamanya adalah siswa tunagrahita kelas 01 SKH Negeri 02 Kota Serang. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara mereduksi data, mengurangi data, menyajikan, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan data dengan cara reliabilitas, kreadibilitas, dan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Sikap anak tunagrahita kategori sedang menunjukan masih rendahnya percaya diri, berkomunikasi masih terbata-bata, kekurangan bahasa, dan kurang kedisiplinan. 2) Minat anak tunagrahita kategori sedang secara keseluruhan menunjukan bahwa mereka berminat sedang mengikuti kegiatan pembelajaran mewarnai. 3) Nilai anak tunagrahita kategori sedang dilihat dari segi berpakaian baik dan sesuai dengan tata tertib sekolah serta bersungguh-sungguh pada saat belajar mewarnai, sedangkan dari segi mewarnainya masih kurang rapi dan masih keluar garis. 4) Apresiasi yang ditunjukan oleh anak tunagrahita kategori sedang yaitu mereka belum mampu memberikan tanggapan secara lisan maupun tulisan. Akan tetapi meskipun demikian mereka masih bisa menunjukan bentuk apresiasinya dengan gerakan tangan, menghargai teman dan guru yang menjelaskan didepan dan mengikuti instruksi guru. 5) Moral/emosi anak tunagrahita kategori sedang secara keseluruhan menunjukan bahwa mereka senang mengikuti pembelajaran mewarnai. Proses pengajaran mewarnai anak tunagrahita kategori sedang memerlukan strategi, metode dan teknik membimbing yang tepat karena anak tunagrahita kategori sedang pada saat belajar mewarnai sangat membutuhkan pendampingan guru secara individu, dan hasil mewarnai belum sebaik anak-anak normal seusianya, serta membutuhkan waktu yang lama dalam proses penyelesaiannya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Afektif, Pengajaran, Anak Tunagrahita, dan Mewarnai |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 24 Mei 2023 07:00 |
Perubahan Terakhir: | 24 Mei 2023 07:01 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12468 |
Actions (login required)
Lihat Item |