Pengembangan Materi dan LKPD Tanda Tempo dan Tinggi Rendah Nada Lagu Daerah Banten pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (R&D di Kelas IV MIS Miftahul Falah Kec. Pamarayan Kab. Serang)

Aisyah, Nur (2023) Pengembangan Materi dan LKPD Tanda Tempo dan Tinggi Rendah Nada Lagu Daerah Banten pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (R&D di Kelas IV MIS Miftahul Falah Kec. Pamarayan Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240096_Cover.pdf

Download (36kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240096_Lampiran Depan.pdf

Download (556kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240096_BAB I.pdf

Download (150kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240096_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (228kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240096_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (224kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240096_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (741kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240096_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240096_Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi dan LKPD tanda tempo dan tinggi rendah nada lagu daerah banten pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dan untuk mengetahui kelayakan materi dan LKPD tanda tempo dan tinggi rendah nada lagu daerah Banten di kelas IV MIS Miftahul Falah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) tipe 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu define ( pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif dengan sampel 20 siswa kelas IV MIS Miftahul Falah. Pengujian validitas meliputi beberapa aspek yaitu aspek kelayakan grafik, aspek kelayakan penyajian bahan ajar, aspek kelayakan bahasa dan isi. Hasil penelitian terhadap kelayakan produk menunjukan bahwa ahli media memberikan skor 87.68% (sangat layak) , ahli materi 92.85% (sangat layak), guru 92.85% (sangat layak), maka hal ini menunjukan produk sudah layak digunakan. Selanjutnya hasil respon peserta didik terhadap LKPD tanda tempo dan tinggi rendah nada menunjukan skor 98.7% termasuk kategori “sangat baik”. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa LKPD tanda tempo dan tinggi rendah nada lagu daerah Banten, dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): LKPD, Tanda Tempo dan Tinggi Rendah Nada, SBdP
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Mei 2023 04:37
Perubahan Terakhir: 24 Mei 2023 04:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.