Pengembangan Media Crossword Puzzle Gambar pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Istiqomah, Hijatul Hana (2023) Pengembangan Media Crossword Puzzle Gambar pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240055_Cover.pdf

Download (104kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240055_Lampiran Depan.pdf

Download (719kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240055_BAB I.pdf

Download (245kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240055_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (247kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240055_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (298kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240055_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (355kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240055_BAB V.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240055_Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media Crossword Puzzle Gambar pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi serta mengetahui kelayakan dari validator, guru dan peserta didik. penelitian ini dilakukan di Kelas III SD Negeri Ciomas 1 yang melibatkan 21 peserta didik dan seorang pendidik. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Model Penelitian ADDIE memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap analisis dilakukan dengan melakukan pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Kemudian tahap design menghasilkan desain media Crossword Puzzle Gambar yang digunakan sebagai acuan pembuatan media pembelajaran. Tahap selanjutnya yaitu tahap pengembangan yang dilaksakan dengan melakukan validasi kepada tiga validator. Tahap implementasi dilakukan dengan uji coba kepada pendidik dan peserta didik. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi yang menghasilkan rencana evaluasi setelah uji coba. Hasil penilaian kelayakan yang didapatkan dari validator menperoleh nilai rata-rata 90%. Hasil uji coba kepada peserta didik untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan mendapatkan rata-rata 93,75%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Crossword Puzzle Gambar pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik Kelas III di SD Negeri Ciomas 1 dan efektif untuk digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Media Crossword Puzzle Gambar, Pembelajaran Tematik
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2023 02:35
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2023 02:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12428

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.