Istiqomah, Hijatul Hana (2023) Pengembangan Media Crossword Puzzle Gambar pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240055_Cover.pdf Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240055_Lampiran Depan.pdf Download (719kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240055_BAB I.pdf Download (245kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240055_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (247kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240055_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (298kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240055_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (355kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240055_BAB V.pdf Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240055_Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media Crossword Puzzle Gambar pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi serta mengetahui kelayakan dari validator, guru dan peserta didik. penelitian ini dilakukan di Kelas III SD Negeri Ciomas 1 yang melibatkan 21 peserta didik dan seorang pendidik. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Model Penelitian ADDIE memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap analisis dilakukan dengan melakukan pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Kemudian tahap design menghasilkan desain media Crossword Puzzle Gambar yang digunakan sebagai acuan pembuatan media pembelajaran. Tahap selanjutnya yaitu tahap pengembangan yang dilaksakan dengan melakukan validasi kepada tiga validator. Tahap implementasi dilakukan dengan uji coba kepada pendidik dan peserta didik. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi yang menghasilkan rencana evaluasi setelah uji coba. Hasil penilaian kelayakan yang didapatkan dari validator menperoleh nilai rata-rata 90%. Hasil uji coba kepada peserta didik untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan mendapatkan rata-rata 93,75%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Crossword Puzzle Gambar pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik Kelas III di SD Negeri Ciomas 1 dan efektif untuk digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Media Crossword Puzzle Gambar, Pembelajaran Tematik |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 16 Mei 2023 02:35 |
Perubahan Terakhir: | 16 Mei 2023 02:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12428 |
Actions (login required)
Lihat Item |