Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap pemahaman Siswa dalam Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV MI NURUL Amin Mekar Baru

Julia, Ayu (2023) Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap pemahaman Siswa dalam Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV MI NURUL Amin Mekar Baru. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240009_Cover.pdf

Download (47kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240009_Lampiran Depan.pdf

Download (779kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240009_BAB I.pdf

Download (174kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_161240009_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (280kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240009_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (501kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240009_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (835kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240009_BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240009_Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan media diorama terhadap siswa dalam memahami materi IPA Struktur dan fungsi bagian pada tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 21 siswa dan IV B yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes objektif. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan satu jawaban benar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPA antara yang menggunakan media diorama dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV A dan IV B MI Nurul Amin Mekar Baru. Perbandingan perhitungan rata-rata hasil kemampuan siswa kelas eksperimen adalah 88,333 dan kelas kontrol 42,142. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pemahaman signifikan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Diorama, Pemahaman IPA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Mei 2023 07:49
Perubahan Terakhir: 03 Mei 2023 07:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.