Pengembangan Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Pembelajaran (Studi Komparasi di SMPIT Insan Merdesa Pontang dan SMPIT Al-Bayan Tirtayasa Kabupaten Serang –Banten)

Alwani, Alwani (2023) Pengembangan Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Pembelajaran (Studi Komparasi di SMPIT Insan Merdesa Pontang dan SMPIT Al-Bayan Tirtayasa Kabupaten Serang –Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182420098_Cover.pdf

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182420098_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182420098_BAB I.pdf

Download (838kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_182420098_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (820kB)
[img] Teks
T_MPI_182420098_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (454kB)
[img] Teks
T_MPI_182420098_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (572kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182420098_BAB V.pdf

Download (206kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182420098_Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kepala Sekolah merupakan pemimpin sekolah yang telah diberi mandat untuk memimpin sekolah, adapun peran kepala sekolah harus memiliki kopenten sebagai mana diungkapakan Wahyudi, berpendapat bahwa Kepala Sekolah yang efektif mempunyai karakteristik sebagai berikut: (1) mempunyai jiwa kepemimpinan dan mampu mengelola atau memimpin sekolah, (2) memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah, (3) mempunyai keterampilan sosial, (4) profesional dan kompeten dalam bidang tugasnya. Kepala Sekolah di SMP Islam Insan Merdesa Pontang lebih fokus dalam mencari atau menjalin jaringan dengan pihak luar untuk menunjang program yang ada di Sekolah, dan sedangkan Kepala Sekolah di SMP IT Al – Bayan Tirtayasa lebih fokus terhadap program kesiswaan dan sarana prasarana, hal ini memicu kepada tiga rumusan masalah (1) Bagaimana Pengembangan Manajemen Kepala Sekolah di SMPIT Insan Merdesa Pontang dan SMP IT Al – Bayan Tirtayasa Kabupaten Serang tahun 2020 dalam meningkatkan mutu pendidikan dan Pemebelajaran. (2) Bagaimana Peningkatan mutu Pendidikan dan pembelajaran di SMPIT Insan Merdesa Pontang dan SMP IT Al – Bayan Tirtayasa Kabupaten Serang tahun 2020 (3) Bagaimana Pengembangan Manajemen Kepala Sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran di SMPIT Insan Merdesa Pontang dan SMP IT Al – Bayan Tirtayasa Kabupaten Serang tahun 2020. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif Deskriptif Naratif dimana jenis penelitian ini dijabarkan secara langsung secara lisan dengan mengatakan atau menceritakan mengenai isi penelitian, penelitiian ini di kumpulkan dengan cara diskusi, percakapan, atau wawancara. Dalam tujuan penulisan ini ingin mengetahui jawaban dari rumusan masalah yang menjadi acuan dalam penulisan vii Setelah pemaparan data temuan penelitian dan pembahasan, peneliti memperoleh gambaran yang jelas dari hasil penelitian dengan ini peneliti menarik kesimpulain sebagai brikut: 1. Manajemen Kepala sekolah dalam menigkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran, Sudah terlaksana dengan baik dan berjalan sesuai aturan yang telah disepakati bersama warga sekolah dengan menggunakan Strategi sebagai berikut: (a) perencanaan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di SMP Islam Terpadu Insan Merdesa Pontang dan SMP IT Al Bayan Tirtayasa. (b) pemberdayaan sumber daya yang ada di sekolah (guru, staf tata usaha, dan peserta didik) sudah dilakukan dengan memberi tugas dan tanggung jawabnya. 2. Peningkatan mutu Pendidikan dan Pembelajaran yang di lakukan oleh kepala sekolah SMP IT Insan Merdesa Pontang dan SMP IT Al Bayan Tirtayasa keduanya lebih kedalam meningktakan kualitas dan keprofesionalan dewan pendidik dan kependidikan 3. Pengembangan manajemen kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran terciptanya respon postif masyarakat untuk menyekolahkan anaknya pada SMPIT Insan Merdesa Pontang dan SMP IT Al – Bayan Tirtayasa. Karena semua itu dapat terukur dari keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan dan pemebelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan Manajemen Kepala Sekolah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Mei 2023 03:29
Perubahan Terakhir: 02 Mei 2023 03:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12358

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.