Solihah, Fira Faridatus (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Comic Book untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Batuceper 1. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240019_Cover.pdf Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240019_Lampiran Depan.pdf Download (749kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240019_BAB I.pdf Download (97kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240019_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (193kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240019_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (239kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240019_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (697kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240019_BAB V.pdf Download (67kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240019_Daftar Pustaka.pdf Download (112kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran comic book untuk meningkatkan kemampuan HOTS pada pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Batuceper 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, hasil tes serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji kelayakan ahli media memperoleh persentase 90,76% dan hasil uji kelayakan ahli materi memperoleh persentase 91,66% dari keduanya termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Adapun hasil rerata uji kelayakan memperoleh persentase 98,90% termasuk ke dalam kriteria sangat layak untuk diuji coba ke lapangan. Sedangkan, hasil uji keefektifan menggunakan hasil tes pretest dan posttest pada uji lapangan memperoleh persentase 0,70 ≤ (g) ≤ 1,00 adalah 0,82 yang termasuk ke dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hasil kelayakan dan hasil keefektifan maka media pembelajaran comic book untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa layak dan efektif digunakan dalam membantu pemahaman siswa, menarik perhatian dan minat belajar siswa serta melatih kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Batu Ceper 1 Kota Tangerang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media pembelajaran comic book, Kemampuan HOTS, Pembelajaran IPA |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 13 Apr 2023 03:45 |
Perubahan Terakhir: | 13 Apr 2023 03:45 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12004 |
Actions (login required)
Lihat Item |