Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII MTsN 1 Serang

Solehah, Siti (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII MTsN 1 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210135_Cover.pdf

Download (27kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210135_Lampiran Depan.pdf

Download (645kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210135_BAB I.pdf

Download (231kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210135_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (598kB)
[img] Teks
S_PAI_181210135_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (425kB)
[img] Teks
S_PAI_181210135_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (354kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210135_BAB V.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210135_Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pop-up book adalah sebuah buku yang memiliki tampilan tiga dimensi. Pop-up book memberikan tampilan yang menarik karena didalamnya terdapat gambar yang timbul atau halaman yang bisa digeser. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pop-up book terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode penelitian yang dipergunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain pada suatu kondisi yang terkendalikan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran pop-up book belum pernah digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu, terdapat pengaruh penggunaan media pop-up terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Hal ini ditunjukkan dari jumlah skor angket yang peroleh pada saat penelitian. Jumlah skor untuk kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 dan uji f diperoleh nilai sig 0,005 < 0,05 sehingga diambil keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, pemberian perlakuan khusus dengan menggunakan media pop-up book berhasil memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa di MTsN 1 Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Minat belajar; Media; Pop-up Book
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 12 Apr 2023 03:24
Perubahan Terakhir: 12 Apr 2023 03:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.