Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V SDN Tunjung 1

Murni, Siti (2023) Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V SDN Tunjung 1. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240100_Cover.pdf

Download (206kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240100_Lampiran Depan.pdf

Download (608kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240100_BAB I.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240100_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (268kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240100_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (341kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240100_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (636kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240100_BAB V.pdf

Download (225kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240100_Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media diorama sehingga layak digunakan di kelas V SDN Tunjung 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Pelaksanaan pengembangan pada penelitian ini mengacu pada prosedur yang telah dikembangkan Robert Maribe Branch tersebut, yang terdiri dari lima langkah, yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Untuk mengetahui hasil validasi, peneliti menggunakan teknik angket, wawancara, observasi. Hasil penelitian ini yaitu produk yang dikembangkan berupa media diorama pada pembelajaran IPA materi siklus air di kelas V. Hasil uji validasi produk kepada ahli media memperoleh rata-rata 4,5 (90%) dengan kriteria sangat layak. Sedangkan dari ahli materi memperoleh rata-rata 4,6 (92%) dengan kriteria sangat layak. Dan hasil skor uji coba produk kepada siswa memperoleh rata-rata 4,48 (90%) dengan kriteria sangat layak. Dari hasil yang diperoleh menunjukan bahwa media diorama sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2023 08:26
Perubahan Terakhir: 02 Mar 2023 08:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11565

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.